Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Gejala Tumor Payudara seperti yang Diidap Marshanda, Hindari Konsumsi Makanan Ini

Berikut gejala dan ciri-ciri tumor payudara yang diidap oleh Marshanda. Hindari konsumsi makanan berikut ini agar terhindar dari kanker payudara.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  18:20 WIB
Marshanda - Instagram
Marshanda - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain sinetron dan penyanyi Marshanda mengumumkan dirinya divonis mengidap tumor payudara. Berikut gejala tumor payudara yang perlu Anda ketahui.

Marshanda divonis mengalami tumor payudara setelah memeriksa kesehatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Sebelumnya, dia memang sempat mengeluh jika dirinya sering merasakan sakit di bagian dada.

I’m in pain sometimes. In pain-nya maksudnya physical di payudara gue itu yang ada tumornya, kadang-kadang sakit,” ungkapnya sambil menahan isak tangis melalui YouTube Channel Marshed, yang dilansir pada Senin (30/5/2022).

Tidak ingin menyerah, mantan artis cilik tersebut menjalani perawatan di Singapura agar bisa sembuh dari penyakit tumor payudara yang diidapnya.

Dia juga meminta fans dan followers selalu mendoakan dan memberikan semangat agar dia bisa sembuh dari tumor payudara yang diidapnya.

“Tenang, gue ikhtiar tapi tawakal kalau dalam islam. Jadi, gue bukan yang ok gue pasrah, gue mati, gue gak ngapa-ngapain. Makanya gue ke Singapura, because i wanna fight for my life,” katanya.

Tumor payudara memang tidak seganas kanker. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Kanker payudara terjadi ketika sel-sel di payudara Anda tumbuh dan membelah secara tidak terkendali, menciptakan massa jaringan yang disebut tumor. Kanker payudara terjadi ketika sel-sel payudara bermutasi (berubah) dan tumbuh di luar kendali, menciptakan massa jaringan (tumor).

Seperti kanker lainnya, kanker payudara dapat menyerang dan tumbuh ke dalam jaringan di sekitar payudara Anda. Itu juga dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh Anda dan membentuk tumor baru. Ketika ini terjadi, itu disebut metastasis.

Tanda-tanda kanker payudara bisa termasuk merasakan adanya benjolan di payudara, mengalami perubahan ukuran payudara dan melihat perubahan pada kulit payudara.

Berikut gejala tumor dan kanker payudara seperti dilansir dari halaman resmi CDC Amerika Serikat, Senin (30/5/2022).

8 Gejala Tumor Payudara

  1. Perubahan ukuran, bentuk, atau kontur payudara Anda
  2. Massa atau benjolan, yang mungkin terasa sekecil kacang polong
  3. Benjolan atau penebalan di dalam atau di dekat payudara Anda atau di ketiak Anda yang bertahan selama siklus menstruasi Anda
  4. Perubahan tampilan atau rasa kulit pada payudara atau puting (berlesung pipit, mengerut, bersisik, atau meradang)
  5. Kemerahan pada kulit di payudara atau puting
  6. Area yang sangat berbeda dari area lain di kedua payudara
  7. Area mengeras seperti marmer di bawah kulit Anda
  8. Keluarnya cairan bernoda darah atau bening dari puting Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker payudara tumor Marshanda
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top