Ilustrasi suplemen
Health

Jangan Konsumsi 5 Suplemen Kesehatan Ini Ketika Usia Anda 50 Tahun ke Atas

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 8 Juni 2022 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nutrisi dalam suplemen kesehatan sangat penting untuk menjaga tubuh, termasuk ketika usia sudah menginjak tua.

Tetapi suplemen tidak seefektif makanan soal kandungan vitamin dan mineral, bahkan beberapa diantaranya sebenarnya bisa berbahaya. Terutama ketika usia Anda sudah di atas 50 tahun. 

Rachel Berman, R.D., Direktur Nutrisi untuk Calorie Count menyebutbkan berikut adalah lima suplemen yang tidak boleh Anda konsumsi setelah usia 50 tahun.

1. Asam folat

Sebuah studi dari UC Davis menunjukkan bahwa terlalu banyak asam folat dapat memperburuk komplikasi yang berkaitan dengan kekurangan vitamin B-12, yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan yang berbahaya seperti anemia dan kerusakan saraf.

Kadar asam folat yang lebih tinggi dapat memicu ketidakseimbangan metabolisme yang mengarah pada defisiensi B-12 yang lebih serius.

2 Terapi Hormon 

Terapi hormon seperti HGH (hormon pertumbuhan manusia) bisa berbahaya, para ahli memperingatkan. 

Dan penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar HGH dengan obat-obatan membuat orang rentan terhadap penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

3. Suplemen Anti Penuaan

Suplemen anti-penuaan belum terbukti bekerja, dan mereka bisa berbahaya untuk sebagian orang termasuk yang sudah berusia di atas 50 tahun.

4 Vitamin E

Vitamin E adalah suplemen kesehatan otak, tetapi terlalu banyak bisa berbahaya.

Suplemen vitamin E dosis tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian. Sebaiknya, Anda mendapatkan vitamin E dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau tua.

5 Suplemen Peningkatan Seksual

Produk peningkatan seksual yang dijual bebas harus dihindari, karena bisa membahayakan kesehatan, terutama kondisi jantung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro