Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 yang Sering Diabaikan

Berikut tanda-tanda tubuh Anda kekurangan vitamin B12 yang sering diabaikan. Jangan anggap enteng!
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  15:45 WIB
Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B12 yang Sering Diabaikan
Ilustrasi vitamin B12 - Times of India

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin B12 diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan merupakan komponen kunci yang membantu berfungsinya sel-sel otak dan saraf. Berikut tanda tubuh Anda kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12 dikenal sebagai Cobalamin yang secara alami ditemukan dalam makanan hewani. Seseorang harus memiliki setidaknya 2,4 mikrogram vitamin B12 setiap hari.

Namun, untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui, jumlah vitamin B12 harus ditingkatkan menjadi 2,6 mikrogram dan 2,8 mikrogram, masing-masing sesuai laporan dari Harvard Medical School.

Dikutip dari Times of India pada Senin (13/6/2022), vitamin B12 banyak ditemukan pada ikan, hati, daging merah, telur, unggas, produk susu seperti susu, ragi nutrisi yang diperkaya, dan sereal sarapan yang diperkaya.

Beberapa alasan Anda kekurangan vitamin B12, antara lain asupan produk hewani yang tidak mencukupi, kurangnya faktor intrinsik yang memfasilitasi penyerapan vitamin, kurang asam di perut baik karena alasan biologis atau karena obat apa pun, dan gangguan pencernaan lainnya.

Tanda-tanda tubuh Anda kekurangan vitamin B12 tanpa disadari, antara lain kelesuan yang mencakup kelelahan dan kelemahan fisik serta mental.

Vitamin B12 dikaitkan dengan sintesis DNA dan diperlukan dalam pertumbuhan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah menghambat transfer oksigen dalam tubuh dan selanjutnya akan menurunkan kadar oksigen dalam tubuh dan membuat Anda merasa lelah.

Kondisi lesu terkait dengan kekurangan vitamin B12 datang dengan sesak napas dan rasa ingin pingsan. Wajah Anda dapat terlihat pucat jika ada kekurangan vitamin B12 dalam tubuh.

Sementara itu, kondisi lelah dikaitkan dengan sejumlah komplikasi kesehatan. Kondisi kelelahan tersebut tak bisa hilang dengan sendirinya dan Anda harus segera konsultasi ke dokter.

Perlu diketahui, vitamin B12 mengikat protein dalam makanan. Ketika makanan mencapai lambung, asam klorida dan enzim membebaskan vitamin B12 ke bentuk bebasnya. Selanjutnya, vitamin bergabung dengan protein yang disebut faktor intrinsik dan kemudian diserap di usus kecil.

Kekurangan unsur vitamin B12 bisa mengganggu sejumlah fungsi tubuh yang dapat terlihat dengan sejumlah tanda dan gejala yang khas. Berbagai tanda yang terkait dengan kekurangan vitamin B12 yang perlu Anda ketahui, antara lain kelemahan, kehilangan memori, kebingungan, demensia, depresi, kejang, anemia pernisiosa, dan kelelahan.

Di antara tanda-tanda lain yang terkait dengan kekurangan vitamin B12 adalah kerusakan saraf yang mengakibatkan mati rasa serta kesemutan di tangan dan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin tips sehat Vitamin B
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top