Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Exfoliasi untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Anda

Exfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit Anda menggunakan bahan kimia, zat granular, atau alat pengelupasan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  17:35 WIB
Manfaat Exfoliasi untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Anda
Exfoliasi untuk perawatan wajah

Bisnis.com, JAKARTA - Tren memakai skincare saat ini sudah disadari kebutuhannya oleh perempuan ataupun pria di Indonesia.

Salah satu cara merawat kulit wajah Anda yakni dengan exfoliasi atau pengelupasan kulit.

Dilansir dari Healthline, exfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit Anda menggunakan bahan kimia, zat granular, atau alat pengelupasan.

Kulit Anda secara alami melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel baru setiap 30 hari atau lebih.

Terkadang, sel-sel mati tidak terlepas sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan tambalan kering, bersisik dan pori-pori tersumbat. Eksfoliasi dapat membantu mencegah hal ini.

Pengelupasan dapat memperbaiki penampilan kulit Anda dalam beberapa cara.

Menurut American Academy of Dermatology, pengelupasan kulit dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit topikal dengan meningkatkan penyerapan.

Pengelupasan kulit secara teratur juga dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat, menghasilkan lebih sedikit jerawat.

Pengelupasan jangka panjang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah kunci untuk kulit bercahaya dan cerah. Protein juga meningkatkan elastisitas kulit, meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kendur terkait.

Produk atau metode pengelupasan apa pun yang memerlukan penggosokan manual atau penggosokan jatuh dikenal sebagai pengelupasan fisik.

Anda mungkin sudah menggunakan exfoliant fisik scrub pembersih, sikat tubuh, dan loofah adalah metode yang umum.

Keuntungan terbesar untuk pengelupasan fisik adalah kemudahan akses. Anda dapat melakukannya di rumah hanya dengan kain lap muslin atau scrub buatan sendiri. Ini juga menawarkan hasil langsung.

Jika dilakukan secara tidak benar, pengelupasan fisik terkadang dapat mengiritasi kulit Anda dan dapat menyebabkan hilangnya air secara transepidermal. Menindaklanjuti dengan minyak atau serum humektan dapat membantu meminimalkan iritasi dan mengunci kelembapan.

Mohammad Rocky Pramana Founder dari brand Cleora Beauty mengatakan mengingat kebanyakan orang menginginkan hasil yang serba instan.

Tapi, katanya, mesti tetap memperhatikan beberapa aspek dalam memilih bahan skin care jenis exfoliasi.

Yang pertama, katanya, yakni jenis kulit Anda harus disesuaikan. Pilihlah bahan yang aman untuk kulit wajah, terutama bagi kulit wajah berjerawat dan sensitif. 

"Karena itu, kami menciptakan Cleora 3 Minutes Exfoliating Gel yang aman digunakan bahkan untuk kulit berjerawat dan sensitif, dapat digunakan oleh remaja mulai usia 13 tahun ke atas tanpa membuat kering dan iritasi. Karena di dalamnya terdapat kandungan Hyaluronic Acid dan Aloe Vera yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit,” tutur Mohammad Rocky Pramana.

Dia mengatakan fungsi dari exfoliasi itu yakni membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa kotoran di wajah secara menyeluruh, mencegah tanda-tanda penuaan dini, mengecilkan pori-pori wajah, serta meratakan warna dan bercak kulit yang kasar, sehingga menjadikan kulit lebih halus dan tidak kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah perawatan kulit Skincare
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top