Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ladies! Ini 5 Mitos Penggunaan Sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangatlah penting guna melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  20:30 WIB
Ladies! Ini 5 Mitos Penggunaan Sunscreen
Ilustrasi - Dailyworth

Bisnis.com, SOLO - Sunscreen atau tabir surya pada dasarnya berfungsi melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari yang aman bisa menyebabkan hiperpigmentasi, penuaan dini, hingga kanker kulit

Sayangnya, tak sedikit orang yang belum memahami pentingnya penggunaan sunscreen ini. Beberapa di antaranya bahkan terjebak dalam mitos-mitos, sehingga tidak menggunakannya secara maksimal.

Dikutip dari siaran resminya, berikut lima mitos mengenai sunscreen yang dipercaya oleh banyak orang menurut Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin.

1. Cukup dioleskan sekali

Tak sedikit orang mengira jika menggunakan sunscreen cukup sekali dalam sehari. Faktanya, setinggi apapun tingkat SPF sunscreen, perlindungan tersebut akan memudar dalam dua jam. Maka dari itu, dr. Claudia menyarankan untuk memakai ulang setiap dua jam agar kulit tetap terlindungi.

2. Tahan air

Meski sebuah sunscreem memiliki klaim tahan air, nyatanya ketika mandi, berenang, maupun berwudu, perlindungannya tetap dapat luntur dan menipis. Oleh karena itu, dianjurkan agar mengaplikasikan tabir surya kembali ke kulit usai berenang atau mandi.

3. Hanya butuh sedikit tabir surya

Sebagian orang berpikir bahwa sedikit sunscreen saja sudah cukup melapisi seluruh bagian wajah. Faktanya, dibutuhkan setidaknya 0,04 ons sunscreen untuk melindungi wajah dan leher. Jumlah ini setara dengan panjangnya jari telunjuk dan jari tengah tangan.

4. Kosmetik dengan sunscreen sudah cukup

Beberapa produk kosmetik seperti foundation memang telah dilengkapi dengan SPF. Akan tetapi, proteksi yang diberikan itu belum maksimal. Jadi, Anda tetap perlu mengaplikasikan sunscreen agar kulit tetap terjaga dari radiasi sinar matahari.

5. Tak perlu tabir surya di dalam ruangan

Masih cukup banyak orang yang beranggapan jika ia seharian berada di dalam ruangan atau ketika cuaca sedang mendung, maka ia tidak memerlukan perlindungan sunscreen.

Anggapan ini salah besar. Pasalnya, paparan sinar UV tetap dapat menembus berbagai material, terutama jika Anda bekerja di area dekat jendela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit perawatan kulit Skincare
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top