Ilustrasi/Lennoncenter
Relationship

Anda Sering Merasa Cemas? Berikut 5 Tips untuk Mencegahnya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 15 Juni 2022 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang pernah merasakan kecemasan dalam hidupnya.

Entah saat menghadapi situasi sulit, ketika grogi, atau bahkan ketika harus berhadapan dengan banyak orang.

Kadar kecemasan masing-masing orang berbeda dan cara menanganinya pun berbeda-beda.

Bagi Anda yang punya kecemasan berlebih, berikut lima tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kecemasan berlebih seperti dilansir dari Pinkvilla:  

1. Sarapan pagi

Sarapan secara teratur membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah Anda terkendali sepanjang hari. Ini membantu menjaga suasana hati yang stabil dan mencegah serangan kecemasan selama bulan-bulan musim panas ketika suhu naik tajam dalam semalam sehingga sulit bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan cukup cepat sehingga kadar gula darah rendah yang dapat menyebabkan serangan kecemasan.

2. Tidur

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Tapi itu lebih penting selama bulan-bulan musim panas ketika kita menjadi lebih rentan terhadap serangan panas dan dehidrasi karena suhu yang tinggi.

Ketika kita tidak cukup tidur, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kortisol, yang membantu kita mengatasi stres dan kecemasan. Hal ini menyebabkan peningkatan tingkat kecemasan yang hanya memburuk selama musim panas. Jika Anda tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup di malam hari karena pekerjaan atau komitmen lain, cobalah tidur siang di siang hari.

3. Makan makanan yang seimbang

Cara terbaik untuk mengurangi kecemasan adalah dengan makan makanan seimbang yang mengandung banyak buah dan sayuran. Makanan ini mengandung nutrisi yang membantu mengatur kadar gula darah, yang pada gilirannya membantu menghilangkan stres dan gugup.

Misalnya, makan apel daripada minum jus buah akan memberi Anda serat yang membantu pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada minum jus. Selain itu, makan sayuran segar seperti wortel atau kangkung akan memberi Anda vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit yang dapat menyebabkan kecemasan.

4. Konsumsi makanan kaya seng

Seng merupakan mineral antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini juga berperan dalam produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati. Kekurangan seng telah dikaitkan dengan depresi dan gangguan kecemasan. Oleh karena itu, pastikan Anda memasukkan makanan kaya seng seperti daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan dan tiram dalam diet Anda untuk mengurangi kecemasan selama musim panas.

5. Minum air

Dalam hal kebutuhan nutrisi, air adalah kuncinya. Banyak orang berpikir mereka minum cukup air, tetapi kebanyakan sebenarnya tidak. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan dua hal yang dapat menyebabkan kecemasan. Jika Anda merasa lelah atau lelah sepanjang hari, cobalah minum lebih banyak air! Minum banyak air sepanjang hari dan hindari minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman olahraga yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah diikuti dengan penurunan yang membuat Anda merasa lapar dan lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro