Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Makanan Untuk Meredakan Stres dan Kecemasan

Cara terbaik untuk mengurangi stres dan kecemasan adalah dengan makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 14 Juni 2022  |  16:33 WIB
5 Makanan Untuk Meredakan Stres dan Kecemasan
Kecemasan dan stres bisa diredakan dengan beberapa cara dan sarapan secara teratur - Lennoncenter

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang memakan makanan yang enak untuk meredakan stres dan bersenang-senang. Namun, ini bisa menambah berat badan dan mengganggu metabolisme berubah.

Aktivitas di rumah dan kantor yang padat terkadang bisa membuat stres. Namun, ada beberapa makanan yang bisa meredakan kecemasan dan kekhawatiran.

Simak 5 makanan yang bisa meredakan stres dan kecemasan:

1. Sarapan yang teratur

Sarapan teratur membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah Anda terkendali sepanjang hari. Sarapan akan membantu Anda menjaga suasana hati menjadi lebih stabil.

Sarapan juga bisa mencegah serangan kecemasan selama bulan-bulan sehingga sulit bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan cukup cepat sehingga kadar gula darah rendah yang dapat menyebabkan serangan kecemasan.

2. Tidur nyenyak untuk menghindari kecemasan

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental manusia. Namun, saat pancaroba, seseorang lebih rentan terinfeksi virus, sehingga butuh istirahat di tengah peralihan musim.

Saat tidak cukup tidur, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kortisol, yang membantu tubuh untuk mengatasi stres dan kecemasan. Hal ini menyebabkan peningkatan tingkat kecemasan yang hanya memburuk selama musim panas. Jika Anda tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup di malam hari karena pekerjaan atau komitmen lain, cobalah tidur siang di siang hari.

3. Makan makanan yang seimbang

Cara terbaik untuk mengurangi kecemasan adalah dengan makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran. Makanan bernutrisi bisa membantu Anda mengatur kadar gula darah, yang pada gilirannya membantu menghilangkan stres dan gugup.

Misalnya, makan apel daripada minum jus buah, sehingga memberi Anda serat yang membantu pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada minum jus. Selain itu, makan sayuran segar seperti wortel atau kangkung akan memberi Anda vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit yang dapat menyebabkan kecemasan.

4. Konsumsi makanan kaya seng

Seng merupakan mineral antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini juga berperan dalam produksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati. Kekurangan seng telah dikaitkan dengan depresi dan gangguan kecemasan.

5. Minum lebih banyak air

Air adalah kuncinya. Banyak orang berpikir, saat minum cukup air, maka Anda tidak akan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan, sehingga bisa menyebabkan kecemasan dan stres.

Jika Anda merasa lelah atau lelah sepanjang hari, cobalah minum lebih banyak air! Minum banyak air sepanjang hari dan hindari minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman kemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres cemas Depresi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top