Kanker kelenjar getah bening/Istimewa
Health

14 Jenis Benjolan di Kulit, Mulai dari Kista Hingga Lipoma

Intan Riskina Ichsan
Senin, 27 Juni 2022 - 11:46
Bagikan

Tahi Lalat hingga Kelenjar Getah Bening

8. Dermatofibroma

Dermatofibroma adalah benjolan kecil berwarna coklat kemerahan yang biasanya muncul di kaki Anda. Ia memiliki saraf dan pembuluh darah, sehingga bisa berdarah jika rusak, seperti jika Anda mencukurnya. Tidak jelas apa penyebabnya, tetapi Anda dapat mendapatkannya setelah cedera ringan seperti gigitan serangga.

9. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar kecil di leher, ketiak, atau selangkangan, yang disebut kelenjar getah bening, adalah bagian dari sistem kekebalan Anda. Saat Anda melawan infeksi, bisa membengkak menjadi benjolan seukuran kacang polong atau lebih besar. Beri tahu dokter jika bengkak selama 2 minggu atau lebih, terasa keras, tumbuh cepat, dekat dengan tulang selangka, atau kulit di atasnya berwarna merah.

10. Cherry Hemangioma

Bintik-bintik atau benjolan kecil berwarna merah terang pada kulit Anda ini biasanya tidak berbahaya. Anda bisa mulai melihatnya di usia 30-an dan 40-an, dan mendapatkan lebih banyak seiring bertambahnya usia. Jika salah satu berubah menjadi coklat tua atau hitam, beri tahu dokter Anda sehingga mereka dapat memastikan itu bukan kanker kulit.

11. Keratosis Pilaris

Ketika protein yang disebut keratin menyumbat folikel rambut Anda, Anda bisa mendapatkan jerawat runcing kecil, suatu kondisi yang disebut keratosis pilaris. Benjolan seperti amplas biasanya terbentuk di lengan atas, bokong, dan paha. Berwarna putih atau merah dan tidak sakit, tetapi terasa gatal. Kondisi umum biasanya diwariskan, dan sering hilang seiring bertambahnya usia.

12. Tahi lalat

Hampir semua orang dewasa memiliki tahi lalat, berupa bintik-bintik bulat datar atau sedikit timbul. Sebagian besar, Anda tidak perlu khawatir mengenai tahi lalat. Tapi yang berubah dalam ukuran, bentuk, atau warna bisa menandakan kanker kulit. Tunjukkan kepada dokter Anda jika tahi lalat memiliki bentuk yang tidak biasa, tepi yang tidak rata, warna yang berbeda, membesar, tumbuh dari kulit Anda, atau berdarah.

13. Keratosis seboroik

Benjolan tebal dan kasar ini bisa terlihat seperti bersisik. Anda bisa mendapatkannya di mana saja di kulit Anda. Memiliki permukaan berkutil, tetapi mereka tidak menular. Keratosis seboroik dimulai dari yang kecil, tetapi dapat tumbuh hingga lebih dari satu inci lebarnya. Beberapa gatal, tetapi sebagian besar tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memerlukan perawatan.

14. Lipoma

Jika Anda memiliki benjolan bulat dan bergerak di bawah kulit Anda, itu bisa jadi lipoma. Massa lemak ini terasa lembut, pucat, atau kenyal. Biasanya muncul di leher, bahu, punggung, atau lengan Anda. Sebagian besar tidak berbahaya, tetapi jika ada yang mengganggu Anda, dokter dapat mengobatinya dengan suntikan steroid, sedot lemak, atau operasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro