Nagita Slavina/instagram
Entertainment

Daftar Artis Tanah Air yang Jadi Owner Perusahaan dan Sukses Jadi CEO

Arlina Laras
Selasa, 19 Juli 2022 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sukses menjadi artis di dunia hiburan, nyatanya tak menyurutkan semangat mereka untuk mencoba peruntungannya dengan menggeluti sektor lainnya.

Diketahui, tujuannya tentu saja untuk mendapatkan pendapatan yang lebih pasti dan stabil di luar karier entertainment-nya.

Bahkan tak jarang bisnis yang didirikan oleh mereka terbilang sukses besar di pasaran. Lalu, siapa saja artis yang berhasil mendirikan usahanya sendiri?

Berikut Bisnis telah merangkum deretan artis tanah air yang juga merangkap posisi sebagai seorang CEO

1. Nagita Slavina

Baru-baru ini, Nagita Slavina resmi menjabat sebagai CEO PT Esteh Indonesia Makmur (Esteh Indonesia). Istri Raffi Ahmad itu menggantikan pejabat sebelumnya yakni Haidhar Wurjanto pada Kamis (14/7/2022).
Tak hanya bergerak di satu bidang saja, Nagita memang sudah sejak lama menjalani beberapa bisnis lain yang dirintisnya sendiri, mulai dari bisnis hiburan seperti RANS Entertainment, kosmetik hingga fashion.

2. Ruben Onsu

Selain itu, ada Ruben Onsu yang tidak hanya dikenal sebagai presenter, namun juga CEO dari bisnis kuliner PT Onsu Pangan Perkasa pada April 2017 lalu dan menjadi CEO di sana. Beberapa produk terkenal dan tersebar ke berbagai daerah di Indonesia antara lain Geprek Bensu, Bensu Bakso, Bensunda, Bensueger, Bensnacks, Retail Product, Frozen food dan masih banyak lagi.

3. Daniel Mananta

Daniel Mananta yang juga dikenal sebagai VJ Daniel adalah pembawa acara ternama di tanah air. Melansir dari profil Linkedin miliknya, diketahui bahwa Daniel merupakan CEO di industri fashion dengan brand DAMN! I Love Indonesia sejak 2012 lalu.

Dengan merek yang unik dan menggambarkan kecintaan seseorang pada Indonesia, kini brand fashion tersebut telah berhasil menarik minat beli wisatawan asal luar negeri yang berkunjung ke Indonesia dan menjadikan produk tersebut sebagai buah tangan. Bahkan, brand ini sudah memiliki beberapa cabang di luar negeri

4. Dennis Adhishwara

Kejenuhan akan konten tak berkualitas tersebut juga dialami oleh aktor dan sutradara Dennis Adhiswara. Pemeran Mamet dalam film Ada Apa dengan Cinta? Itu pun akhirnya memutuskan untuk mendirikan perusahaan Multi Channel Network (MCN) terbesar di Indonesia dan menjadi CEO Layaria di pertengahan 2012 lalu. Menurut Dennis, saat ini Layaria sudah memiliki lebih dari puluhan creator partner dan ratusan associate yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

5. Sheila Dara

Selain aktif di dunia hiburan, Sheila Dara Aisha yang merupakan istri dari Vidi Aldiano ini rupanya seorang CEO Shefai Dream Production, sebuah perusahaan produksi sulih suara atau bisa disebut dengan dubbing dan subtitling dari tayangan-tayangan televisi Internasional.

Melansir dari sdpindonesia.com, disebutkan bahwa HBO dan Nat Geo kerap menjadi klien dari perusahaan Sheila. Bahkan, Marsha and The Bear, kartun asal Rusia yang sempat booming beberapa waktu silam adalah hasil dubbing di tempatnya.

6. Giring Ganesha eks Nidji

Giring Ganesha Djumaryo atau akrab disapa Giring ini adalah seseorang penyanyi sekaligus politisi. Ternyata, pria kelahiran 1983 ini adalah CEO dan Co-Founder dari Kincir.com. Adapun, platform media online yang aktif hingga kini, terus menyediakan informasi yang berisi fakta dan tips seputar film, game, musik hingga kecantikan.

7. Alice Norin

Dikenal sebagai seorang artis, siapa sangka sosok artis Alice Norin juga merupakan CEO di bidang fashion online. Bersama sang suami, Alvin Yudhapatria, Alice membangun sebuah brand yang bernama 8Wood sejak tahun 2013. Namun, sejak bulan September 2020 8wood berubah nama menjadi Fashion Today. Walau melakukan perubahan nama bisnis, tapi akun Instagram toko online Alice masih menggunakan username @8wood yang diketahui sudah verified dengan jumlah followers 681 ribu.

Alice menjual berbagai produk buatannya sendiri, mulai dari atasan, bawahan hingga aksesoris. Tak hanya itu, dia juga melebarkan sayapnya dengan membuat produk untuk anak-anak yang dinamakan Mini Today. Penjualannya kini kian berkembang secara pesat, setelah produk tersebut dipromosikan melalui Tiktok Shop.

8. Luna Maya

Selain menjadi seorang public figure, Luna Maya pun menempati posisi strategis sebagai CEO dari NAMA Beauty. Sementara itu, Marcel Lukman menjabat sebagai Co-Founder, di mana dia merupakan salah satu sosok penting di belakang Atmos dan The 707 Company yang memayungi sejumlah merek ternama, seperti Fred Perry, Nudie Jeans, Superga dan Melissa.

Adapun NAMA Beauty merupakan perusahaan kosmetik dan perawatan kulit direct-to-consumer (D2C) yang sempat meraih pendanaan tahap awal (Seed Funding) pada November 2021 senilai US$5 juta yang dipimpin oleh AC Ventures, dan diikuti oleh partisipasi dari SiCepat Ekspres, dan DMMX.

9. Christian Sugiono

Christian Sugiono adalah seorang aktor dan entrepreneur Indonesia keturunan Jawa dan Jerman. Namun, setelah beralih dari dunia hiburan, suami dari Titi Kamal ini memutuskan untuk mendirikan tiga startup di mana ia menjabat sebagai founder dan CEO.

Pertama, dia menciptakan website semacam biro jodoh bernama Setipe yang kini diketahui sudah diakuisisi oleh perusahaan Singapura, yakni Lunch Actually. Kedua, dia pun sempat menjabat menjadi CEO media online malesbanget.com. Selain itu, Christian Sugiono juga telah menjadi pelopor yang mendirikan rintisan digital berupa website pinjam meminjam barang yang diperlukan dalam waktu singkat. Platform tersebut bernama cumi.id. Sayangnya, kedua portal website media dan jasa tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro