Ilustrasi penyakit hepatitis./Antara
Health

Sejarah 28 Juli, Hari Hepatitis Sedunia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Juli 2022 - 06:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day) diperingati tanggal 28 Juli setiap tahunnya oleh WHO (World Health Organization).

Hari ini juga diperingati sebagai bagian dari hari ulang tahun Dr. Baruch Blumberg yang menemukan virus hepatitis B pada tahun 1967, dan 2 tahun kemudian mengembangkan vaksin hepatitis B yang pertama.

Tema yang diusung pada Peringatan Hari Hepatitis Sedunia tahun 2021 ini adalah “Hepatitis Can’t Wait“, sebagai seruan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan dan meningkatkan kesadaran akan hepatitis – meski di tengah kondisi pandemi sekalipun – karena penyakit hepatitis ini tidak bisa menunggu.

Tujuan peringatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang virus hepatitis, menciptakan peluang untuk mendidik orang tentang beban infeksi dan upaya memerangi virus hepatitis di seluruh dunia.

Hepatitis virus adalah ancaman kesehatan global utama dengan perkiraan 296 juta orang yang hidup dengan hepatitis B kronis dan 58 juta orang yang hidup dengan hepatitis C kronis di seluruh dunia pada tahun 2019.

Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Juli, hari ulang tahun Dr. Baruch Blumberg ( 1925-2011). Dr. Blumberg menemukan virus hepatitis B pada tahun 1967 dan dua tahun kemudian mengembangkan vaksin hepatitis B pertama dan untuk pencapaian ini memenangkan Hadiah Nobel.

Hari Hepatitis Sedunia adalah salah satu dari delapan hari kesehatan dunia khusus penyakit resmi yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Peringatan tahunan ini memusatkan perhatian pada dampak besar infeksi virus hepatitis secara global – dengan lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia hidup dengan hepatitis B atau C kronis.

Organisasi di seluruh dunia dan di seluruh Amerika Serikat menggunakan Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini dan apa yang perlu dilakukan untuk memperkuat upaya pencegahan, penapisan dan pengendalian virus hepatitis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro