Alpukat/boldsky.com
Health

Sering Dihindari, Ini 7 Makanan Mengandung Lemak yang Bagus untuk Kesehatan

Widya Islamiati
Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan mengandung lemak tinggi selama ini selalu diwanti-wanti untuk dikonsumsi karena dapat timbulkan kondisi kesehatan yang tidak baik. Meskipun memang tidak semua makanan mengandung lemak tinggi adalah lemak jahat yang jadi sumber penyakit.

Beberapa jenis lemak malah bisa menjaga kesehatan jantung, membantu perkembangan otak dan fungsi 60% otak. Kekurangan asam lemak esensial juga bisa sebabkan kondisi sebabkan haus berlebihan, kulit kering dan kasar, diare,sembelit, kuku rapuh hingga sakit kepala.

Dr. Rimbawan dalam acara NutriTalk yang diselenggarakan pada 15 Agustus 2022 menyebutkan, ada jenis-jenis makanan yang tinggi lemak namun justru baik untuk kesehatan, berikut penjelasannya:

1. Alpukat

Sekitar 80% kandungan alpukat merupakan lemak. Selain itu alpukat juga merupakan sumber kalium yang baik, yang dapat penuhi 15% dari AKG per porsi 150 gram.

Kandungan lain dalam alpukat adalah antioksidan dan juga merupakan sumber serat yang bagus yang dapat mendukung kesehatan jantung dan mengatur berarti badan.

2. Telur

Banyak orang menyebutkan telur tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak kolesterol dan lemak pada kuningnya. Namun, penelitian pada akhir-akhir ini justru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak memiliki dampak negatif terhadap kolesterol dalam dalam darah, meskipun hanya bagi sebagian orang.

Kandungan lain dalam telur justru kaya akan manfaat, seperti kolin juga protein.

3. Lemak ikan

Ikan yang punyai kandungan lemak tinggi umumnya dianggap sebagai salah satu sumber protein hewani yang paling bergizi. Beberapa ikan yang memiliki kandungan lemak tinggi adalah ikan salmon, Trout, mackerel, sarden dan herring.

Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat mendukung kesehatan jantung, punyai protein yang tinggi juga memiliki kandungan vitamin dan mineral.

4. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan magnesium juga vitamin E. Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe2 hingga obesitas.

Kacang yang dikategorikan termasuk kacang-kacangan sehat adalah kacang almond, kenari, macadamia dan lainnya.

5. Chia seed

28 gram chia seed dapat mengandung 11 gram lemak yang sebagian besarnya merupakan asam lemak omega-3 esensial yang berguna untuk kesehatan jantung. Fungsi lain dari chia seed adalah menurunkan tekanan darah dan juga punyai fungsi efek anti-inflamasi.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak tinggi namun mengandung asam oleat yang tinggi puola. Asam oleat atau monosaturated yang ounyai fungsi anti-inflamasi yang kuat. Manfaat minyak zaitun lain adalah membantu kesehatan jantung, mengatur gula darah juga mengatur berat badan.

7. Full-fat yogurt

Yogurt yang tinggi lemak punyai kandungan yang sama dengan susu tinggi lemak. Yogurt tinggi lemak juga jadi sumber probiotik sehat. Penelitian menunjukkan yogurt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu jaga berat badan, hingga mengurangi risiko pemuakit jantung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro