Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan Mengandung Serat, Popcorn Salah Satunya

Berikut manfaat makanan dengan kandungan serat untuk kesehatan Anda.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  13:42 WIB
Daftar Makanan Mengandung Serat, Popcorn Salah Satunya
Popcorn - Istimeewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam iklan-iklan multivitamin seringkali mengklaim serat sebagai salah satu kandungan ajaib dalam produk mereka yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Serat memang bermanfaat bagi kesehatan, seperti membantu proses pencernaan, menjaga kesehatan usus, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan.

Serat terkandung dalam berbagai jenis makanan. Berikut ini jenis makanan tinggi serat yang perlu diketahui menurut medicalnewstoday dan healthline.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti lentil dan kacang polong selain tinggi asam folat juga merupakan makanan nabati yang kaya akan serat. Selain itu, kacang juga makanan mengandung serat yang dapat difermentasi.

Dalam 100 gram kacang navy mengandung 10,5 gram serat, dalam 100 gram kacang polong yang kaya akan zat besi dan magnesium, mengandung 8,3 gram serat. Sedangkan pada 100 gram kacang hitam mengandung 8,7 gram serat. Dalam 100 gram lentil mengandung 7,9 gram serat, dalam 100 gram kacang hijau terkandung 7,6 gram serat.

Selain itu dalam 100 gram buncis juga terkandung serat sebanyak 6,4 gram, 6,4 gram serat dalam 100 gram kacang merah, dan 6 gram serat dalam 100 gram kedelai.

2. Kentang

Salah satu sayuran yang merupakan sumber vitamin B yang baik serta vitamin C dan magnesium ini juga mengandung serat. Dalam satu kentang berukuran besar mengandung 6,3 gram serat.

3. Brokoli

Salah satu sayuran yang masuk ke dalam keluarga sayuran cruciferous yang kaya akan vitamin C dan vitamin A ini juga mengandung serat. Selain itu, sayuran cruciferous juga dikenal dengan sayuran yang tinggi akan polifenol. Dalam satu cangkir brokoli dapat mengandung 5,1 gram serat.

4. Labu

Sayuran yang kerap disajikan dalam sajian yang manis ataupun gurih, labu. Selain kaya akan vitamin A, vitamin K serta kalsium, labu juga mengandung serat. Dalam porsi standar sajian labu, mengandung setidaknya 3,6 gram serat.

5. Alpukat

Buah unik ini selain punyai potasium, magnesium, vitamin E dan juga berbagai macam vitamin B, tetapi juga mengandung serat. Dalam 100 gram alpukat mentah dapat mengandung 6,7 gram serat.

6. Raspberry

Buah yang termasuk dari keluarga berries ini mengandung vitamin C dan mangan. Sealin itu dalam 100 gram raspberry dapt mengandung 6,5 gram serat.

7. Popcorn

Camilan yang identik dengan bioskop ini ternyata punyai kandungan serat yang tinggi. Dalam 100 gram popcorn dapat mengandung 14,4 gram serat.

8. Almond

Kacang almond dikenal punyai kandungan nutrisi yang cukup banyak, seperti lemak sehat, vitamin E, mangan, serta magnesium. Dalam 100 gram almond dapat 13,3 gram serat terkandung di dalamnya.

9. Chia seed

Chia seed umumnya dikenal oleh para pegiat kesehatan alami.  Hal ini dikarenakan chia seed mengandung magnesium, fosfor, dan kalsium dalam jumlah yang tinggi dan merupakan satu-satunya sumber serat terbaik di bumi. Dalam 100 gram chia seed dapat mengandung 34,4 gram serat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan berserat makanan sehat brokoli
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top