Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari

Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari para ibu hamil.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  16:45 WIB
Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Disadari
Ilustrasi ibu hamil
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa wanita merasa kebingungan setelah mendapati dirinya tengah hamil, karena sebelumnya tidak merasa mengalami tanda-tanda kehamilan yang umumnya terjadi.

Padahal sebenarnya ada tanda-tanda yang sudah muncul, hanya saja tidak disadari.

Tanda-tanda ini bisa saja tidak umum pada kehamilan, tapi mesti diperhatikan juga oleh wanita di usia subur mereka.

Berikut ini tanda-tanda kehamilan yang jarang disadari menurut healthline:

1. Keputihan

Wanita yang mengalami keputihan memang tidak selalu dikaitkan dengan kehamilan. Namun, peningkatan hormon dan aliran darah vagina yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan keputihan. Hal ini ditujukan untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina wanita melunak saat hamil.

Berikut tanda-tanda keputihan yang mengharuskan konsultasi dengan dokter, karena kemungkinan merupakan tanda-tanda infeksi:

●     Bau

●     Gatal

●     Berwarna kuning kehijauan

●     Sangat kental atau justru berair

2. Suhu tubuh meningkat

Ketika wanita bangun pada pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan meningkat, ini merupakan suhu tubuh basal. Jika suhu ini tetap dalam temperatur tinggi dalam beberapa minggu, kemungkinan wanita tersebut sedang mengandung.

Sakit kepala disertai meningkatnya intensitas buang air kecil

Sakit kepala dapat disebabkan oleh perubahan volume darah dan hormon selama kehamilan. Bahkan sebagian wanita mengalami kram di kedua sisi prit bagian bawah, seperti kram yang dirasakan saat menstruasi. Rahim juga akan tumbuh dan memeberikan tekanan pada kandung kemih, hal ini dapat menyebabkan wanita akan sering buang air kecil.

3. Pusing

Kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah turun dan juga vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan pusing. Namun jika pusing ini dibarengi dengan pendarahan vagina dan sakit perut yang parah, bisa jadi merupakan tanda dari kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.

4. Gejala flu

Salah satu yang terdampak saat hamil adalah sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan. Ibu hamil menjadi lebih rentan terkena berbagai gejala flu seperti batuk dan pilek. Gejala ini umumnya muncul di awal kehamilan.

5. Emosi yang naik turun

Seorang wanita hamil akan mengalami perubahan hormon yang tiba-tiba, hal ini menyebabkan wanita hamil bisa emosinya meledak, namun kadang menjadi sangat sedih sehingga menangis. Hal ini sangat umum terjadi pada masa awal kehamilan.

6. Perubahan selera

Seorang ibu hamil dapat mengalami perubahan selera, hal ini dikarenakan saat hamil, hormon utama kehamilan yaitu estrogen dan progesteron meningkat. Seorang ibu hamil akan merasa seperti sedang mengunyah logam saat sedang makan siang. Hal ini disebut dysegusia.

Cara melawan dysegusia diantaranya adalah minum minuman yang dingin, makan makanan yang pedas, mengunyah permen karet tanpa gula ataupun dengan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ibu hamil hamil wanita hamil cuti hamil perempuan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top