Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! Ini Daftar Suplemen Herbal yang Bisa Sebabkan Masalah Jantung di Usia 20an

Hati-hati, dalam mengonsumsi suplemen herbal karena bisa berakibat pada risiko masalah jantung di usia muda.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 08 September 2022  |  15:06 WIB
Waspada! Ini Daftar Suplemen Herbal yang Bisa Sebabkan Masalah Jantung di Usia 20an
Serangan jantung mendadak pada usia muda - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi suplemen herbal adalah cara yang singkat untuk menghindari rumitnya mengonsumsi satu persatu buah yang mengandung berbagai vitamin.

Hal ini dilakukan agar tetap dapat mendapat manfaat dari kandungan vitamin tersebut, namun dengan cara yang relatif mudah. Namun berdasarkan insider, mengonsumsi suplemen herbal juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Hal ini diutarakan oleh seorang ahli jantung di California, Dr. Danielle Belardo. Menurutnya penyebab paling umum dari penyakit Aritmia jantung yang menyerang orang dengan usia 20 tahunan adalah konsumsi suplemen herbal. 

Berikut daftar suplemen herbal yang disebutkan bisa berisiko sebabkan masalah jantung di usia 20 tahunan.

1. Suplemen dengan alkaloid efedra serta efedrin

Pada tahun 2004, Amerika Serikat mengeluarkan peraturan pelarangan suplemen dengan senyawa alkaloid efedra serta efedrin. Hal ini dikarenakan senyawa ini terbukti menyebabkan aritmia, stroke, serangan jantung hingga kematian. 

Pada 2021 lalu, pria berusia 56 tahun menderita Aritmia setelah terbukti mengonsumsi pil herbal yang punyai kandungan senyawa alkaloid efedra serta efedrin ini. Sangat disayangkan jika sudah ada larangan penggunaan, namun masih saja dimasukkan ke dalam suplemen.

2. Suplemen dengan jeruk pahit atau citris aurantium

Selain Belardo yang mengaitkan jeruk pahit dengan Aritmia, National Institutes of Health juga menyebutkan jeruk ini dapat membuat detak jantung berdetak tidak teratur dari biasanya. Meskipun hal ini belum dibuktikan dengan penelitian.

3. Suplemen dengan minyak ikan

Minyak ikan merupakan kandungan suplemen yang banyak digandrungi oleh orang tua, karena memberikan dampak yang baik untuk anak. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah di atas batas maksimal, bisa meningkatkan risiko fibrilasi atrium.
Fibrilasi atrium adalah denyut jantung yang tidak teratur dan umumnya terlalu cepat sehingga bisa sebabkan aliran darah tidak lancar. 

Batas maksimal konsumsi minyak ikan adalah kurang dari satu gram perhari. Selain itu, minyak ikan juga disebutkan bisa sebabkan pendarahan karena berkaitan dengan pengencer darah. 

4. Suplemen dengan ginseng India atau ashwagandha

Ginseng India yang punyai nama lain Withania somnifera disebut-sebut oleh public figure sebagai kandungan yang bisa mengurangi stres. Namun sayangnya, pada tahun 2022 ini, seorang wanita berusia 73 tahun dilaporkan menderita Aritmia setelah meminum ramuan dengan kandungan ginseng India ini.

Setelah berhenti mengonsumsi ramuan ini, kondisi jantung wanita tersebut membaik. Kendati demikian, para peneliti belum bisa memastikan apakah ginseng India yang menyebabkan aritmia pada wanita tersebut atau bukan. Hal ini dikarenakan belum ada penelitian klinis yang membahasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

herbal obat herbal suplemen kesehatan jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top