Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Gua Sha untuk Kecantikan dan Kesehatan Wajah Anda

Gua sha adalah teknik pijat yang diklaim dapat membantu menangani masalah kulit wajah Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 September 2022  |  22:17 WIB
Manfaat Gua Sha untuk Kecantikan dan Kesehatan Wajah Anda
Ilustrasi pijat wajah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan ini, pijat wajah untuk mendapat manfaat cantik memang semakin populer dan digemari. Gua sha menjadi salah satu metode yang menjanjikan sederet manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. 

Pijat wajah gua sha alias facial gua sha sebenarnya berasal dari tradisi pengobatan kuno di Tiongkok. Gua sha dilakukan pada tubuh dengan gesekan kuat menggunakan benda tumpul. 

Dikenal sebagai "terapi gesekan", gua sha diklaim dapat membantu meningkatkan sirkulasi, mengurangi peradangan, dan mengendurkan otot.

Batu kuarsa kecil berbentuk hati ini menempatkan teknik gua sha Tiongkok kuno dalam dunia kecantikan. Tapi apa sih sebenarnya yang dilakukan dengan menggosok batu di wajah dan tubuh Anda?

Meskipun mungkin tidak membalikkan waktu dan kerutan, gua sha memberikan manfaat seperti mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit kronis. 

Berikut sejumlah manfaat menggunakan gua sha

1. Dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak

Mirip dengan jenis pijat lainnya, meluncur alat gua sha di wajah atau tubuh Anda dapat meningkatkan mikrosirkulasi di jaringan lunak Anda, alias aliran darah di pembuluh darah kecil. Peningkatan aliran darah ini dapat membantu gejala fisik peradangan seperti bengkak dan bengkak.

2. Mengurangi tampilan kerutan

Peningkatan sirkulasi *mungkin* juga menjadi alasan mengapa kulit terlihat lebih kencang dan garis-garis halus terlihat kurang terlihat setelah gua sha sesh. Tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa pijatan gua sha wajah membantu garis bibir dan kerutan. Paling-paling, hasil ini bersifat sementara, dan mungkin lebih merupakan efek plasebo jika ada.

3. Dapat meringankan leher teknologi dan rasa sakit lainnya

Jika Anda merasakan sakit dan nyeri akibat postur kerja yang tidak nyaman atau terus-menerus menggulir, pijat tubuh gua sha mungkin bisa membantu.

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2014 yang melibatkan 60 pengguna komputer biasa dengan nyeri leher dan bahu, para peneliti menemukan bahwa gua sha membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak.

4. Dapat memperbaiki gejala sakit kepala dan migrain

Gua sha juga dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketegangan di pangkal paha dan leher Anda.

5. Dapat meredakan gejala perimenopause

Perimenopause pada dasarnya adalah preview menopause, ketika tubuh mulai memproduksi lebih sedikit estrogen (halo, hot flashes ). Anda juga bisa mengalami gejala yang tidak terlalu menyenangkan seperti insomnia, keringat malam, vagina kering, sering buang air kecil, dan nyeri payudara.

6. Membantu meringankan payudara yang membesar

Jika Anda menyusui dan mengatasi pembengkakan, alias payudara yang penuh dengan susu, gua sha dapat membantu Anda memerah ASI seperti bentuk pijat payudara lainnya.

7. Dapat membantu pemulihan otot

Tidak punya keinginan untuk menyiksa diri dengan roller busa, mandi es, atau pijat jaringan dalam? Kemampuan Gua sha untuk meningkatkan sirkulasi darah mungkin juga membantu memindahkan penumpukan asam laktat yang terakumulasi dari latihan Anda.

8. Dapat membantu gejala hepatitis B

Sebuah studi kasus tahun 2011 melaporkan bahwa gua sha selama periode 48 jam membantu mengobati peradangan hati pria akibat hep B. 

9. Dapat membantu gejala Tourette

Sindrom Tourette adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gerakan atau suara yang tidak disengaja secara tiba-tiba. Meskipun gua sha bukanlah obat ajaib, penelitian terbatas menunjukkan bahwa itu mungkin membantu mengurangi gejala ketika Anda menggabungkannya dengan perawatan lain.

Melihat manfaat dari Gua Sha itu, BSKIN, brand skincare ELVi Pro, perangkat inovatif dan non-invasif, ELVi Pro.

Founder BSKIN, Su-Mae mengatakan ELVi Pro dirancang untuk membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit sekaligus merangsang otot-otot wajah untuk memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

"Terinspirasi dari alam, desain ELVi Pro yang elegan dibentuk menyerupai daun, sehingga juga berfungsi sebagai alat gua sha untuk teknik pijat drainase limfatik," ujarnya.

Alat gua sha wajah dari BSKIN ini, katanya, menggabungkan manfaat terapi sinar LED yang luar biasa, energi panas ringan, dan getaran mikro dengan tren kecantikan terbaru.

ELVi Pro menggabungkan energi panas yang ringan, sinar terapi LED (merah, hijau, dan biru), getaran mikro multidimensi, dan iontophoresis (arus mikro terkonsentrasi) 1 merevitalisasi, meremajakan, merangsang sel-sel kulit, dan mengatasi wajah sembap hanya dalam 6 menit.

Setelah melakukan penelitian intensif dan mengulas perangkat sebelumnya, ELVi Pro dirancang dengan cermat agar sesuai dengan kontur wajah, menjangkau permukaan kulit yang lebih luas, sekaligus menyamarkan garis senyum (lipatan nasolabial), dan area bawah mata.

ELVi Pro juga berfungsi sebagai alat gua sha untuk membantu mengatasi otot-otot wajah yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah.

Teruji secara klinis di Korea 2 ELVi Pro terbukti mengencangkan kulit wajah dalam 4 minggu. 95% responden merasa kulit tampak dan terasa lebih kencang serta bentuk wajah menjadi lebih V-shape, dan 90% responden juga merasa kulit lebih cerah bercahaya.

Dipadukan dengan teknik gua sha yang telah ada sejak dahulu, ELVi Pro mendorong penyaluran limfa untuk mengurangi retensi air dan wajah sembap sehingga wajah menjadi V-shape serta lebih kenyal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah wajah Pijat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top