Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanaman Herbal untuk Sembuhkan Batuk dan Flu

Daftar tanaman herbal yang bisa digunakan untuk meredakan batuk dan flu, cocok untuk musim hujan
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 12 September 2022  |  23:54 WIB
Tanaman Herbal untuk Sembuhkan Batuk dan Flu
Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat musim hujan, batuk dan flu menjadi penyakit yang biasa diderita. Selain karena faktor cuaca, penularan flu yang cukup mudah menjadi salah satu faktor pendukungnya. Jadi tidak heran jika dalam satu kelas di sekolah, ada beberapa yang mengalami flu dan batuk.

Mengobati flu dan batuk tidak hanya bisa dilakukan dengan pengobatan dari dokter ataupun dari apotik, beberapa pengobatan rumahan herbal tradisional bisa jadi solusi.

Berikut tanaman herbal di sekitar Anda yang bisa mengobati flu dan batuk

1. Jahe

Khasiat yang terkandung dalam rempah ini memang cukup banyak, selain wangi tapi juga bisa redakan hidung yang berair ataupun mengeluarkan dahak. Selain itu, ajaibnya jahe juga bisa meredakan flu serta mempercepat proses pemulihan. Penelitian juga menunjukkan jahe bisa menghilangkan rasanya mual saat flu.

Cara lain mengobati flu dan batuk dengan jahe bisa dengan mengunyahnya dengan garam. Mengunyah jahe mungkin terdengar seperti aneh. Namun mengunyah jahe dengan garam ternyata bisa menyembuhkan pileh, batuk bahkan sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah, dengan memotong jahe menjadi kecil, lalu taburkan garam diatasnya dan kunyah untuk beberapa waktu.

2. Kayu manis dan lemon

Tanaman kayu manis dan lemon akan menjadi campuran yang berkhasiat untuk batuk dan flu jika disandingkan dengan madu.

Cara membuat ramuan ini cukup mencampurkan setengah sendok madu dengan beberapa tetes lemon, serta sedikit kayu manis. Lalu minum ramuan ini dua kali sehari.

Ramuan ini dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan flu. Penelitian juga menyebutkan madu punyai fungsi menekan batuk dengan efektif.

3. Jeruk nipis

Selain lemon, teman satu rasa asamnya juga punyai manfaat yang sama jika dikombinasikan dengan madu dan air hangat. Bahkan jika diminum dalam dosis yang tepat bisa melancarkan pencernaan serta sistem peredaran darah.

4. Bawang putih

Meskipun baunya menyengat dan pahit, tetapi bawang putih punyai sifat antimikroba dalam senyawa allicin. Selain bisa mengurangi gejala flu, bawang putih bahkan bisa mencegah penyakit ini datang sebelumnya. Ajaibnya lagi, bawang putih juga bisa mengurangi batuk.

5. Sayuran hijau dan buah dengan vitamin C

Manfaat vitamin C untuk tubuh salah satunya untuk membantu meredakan flu. Cara kerjanya dengan membantu sistem kekebalan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu meredakan infeksi saluran pencernaan.

Sayuran dengan vitamin C seperti paprika, kembang kol, brokoli, kangkung, bayam, tomat dan juga cabe dan lain-lain. Sedangkan buah dengan vitamin C seperti jeruk, lemon, limun, jambu, stroberi, mangga, nanas dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

herbal obat herbal teh herbal tanaman herbal flu Batuk
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top