7 Topik Pembicaraan yang Menarik untuk Mencairkan Suasana (pexels)
Relationship

Ini 7 Topik Pembicaraan yang Menarik untuk Mencairkan Suasana

Nuraini
Rabu, 14 September 2022 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menentukan topik pembicaraan merupakan cara yang bisa digunakan untuk membuka sebuah percakapan dan menghilangkan sikap canggung saat berjumpa orang baru. Perlu diakui, setiap orang pasti pernah berada di situasi yang canggung. 

Saat tidak ada percakapan yang terlontar dari lawan bicara yang membuat Anda hanya duduk terdiam. Kondisi tersebut membuat situasi tidak nyaman. Maka dari itu, perlu mencari topik pembicaraan agar situasi lebih cair dan nyaman. 

Tentu saja setiap orang memiliki cara mencari topik pembicaraan yang berbeda-beda. Ada yang mencoba melakukan observasi terlebih dahulu, ada juga yang sengaja mengangkat pembicaraan dari topik yang sedang trending. Berikut ini beberapa topik pembicaraan yang menarik untuk dijadikan bahan obrolan.  

Topik Pembicaraan yang Menarik

  • Musik

Topik pembicaraan yang pertama yang bisa Anda angkat sebagai bahan obrolan yaitu terkait dengan preferensi musik. Musik ini jadi salah satu obrolan untuk memecahkan keheningan. Anda bisa menanyakan terkait genre musik yang di suka, siapa band ataupun penyanyi favoritnya, lagu favorit, dan apakah pernah menonton konser musik, dan lain sebagainya.

  • Kabar Terbaru

Ide selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai topik obrolan yaitu kabar terbaru. Memulai percakapan dengan kabar terkini yang saat ini sedang viral atau heboh menjadi cara mencari topik pembicaraan yang bisa diikuti banyak orang. 

Kabar terkini ini bisa menjadi salah satu topik pembicaraan untuk mencairkan suasana. Kabar terbaru bisa seputar yang ada di lingkungan ataupun yang ada di media sosial.

  • Makanan

Jika Anda merasa canggung, cobalah untuk mengangkat topik obrolan terkait dengan makanan favorit. Contohnya seperti apakah menyukai makanan chinese food, western food, atau jenis makanan lainnya. Tanyakan juga terkait dengan rekomendasi tempat makan yang enak menurutnya.

  • Film

Salah satu jenis topik pembicaraan menarik yang bisa meluluhkan suasana yang canggung yaitu dengan menanyakan film. Anda bisa mencoba menanyakan tentang jenis film terbaru, film favorit, atau penilaian tentang sebuah film. 

Jika ternyata Anda memiliki film favorit yang sama, maka pembicaraan akan mengalir begitu saja tanpa perlu merasa canggung. Pembahasan terkait dengan film favorite ini dirasa cukup ampuh untuk dapat mengatasi kecanggungan.

  • Cerita Liburanmu

Pembicaraan lain yang bisa Anda coba untuk mencairkan suasana yaitu cerita tentang liburan yang sudah Anda lakukan. Saat menceritakan suasana liburan, maka Anda bisa menanyakan terkait dengan kapan akan melaksanakan liburan?. 

Pertanyaan lain juga bisa berupa sudah pernah liburan ke mana saja? atau apa yang disukai? Apakah suka gunung? atau suka pantai? dan lain sebagainya. Hal ini dirasa mampu untuk dapat menjadi penawar saat Anda sedang canggung. 

  • Hobi

Topik pembicaraan yang tak kalah menarik yaitu terkait dengan hobi. Jika Anda bingung untuk memulai sebuah percakapan, maka bisa dimulai dengan membahas terkait dengan hobi atau apa yang disukai oleh lawan bicara. 

Tanyakan hobi yang dimiliki, berapa lama sudah melakukan hobi tersebut, Bagaimana dalam jalani hobi dan memulai hobi? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya terkait dengan hobi.

  • Pakaian

Topik pembicaraan selanjutnya yang bisa dijadikan untuk mencairkan suasana salah satunya yaitu dengan menggunakan pakaian sebagai topik. 

Tanyakan terkait selera dari pakaian yang dimilikinya. Topik pembicaraan terkait dengan pakaian merupakan salah satu topik yang cukup asyik terutama jika yang menjadi lawan bicara merupakan seorang perempuan yang paham terkait dengan fashion.

Itulah beberapa hal contoh topik pembicaraan yang bisa Anda angkat untuk mencairkan suasana. Selain ketujuh topik di atas, Anda juga pasti memiliki cara tersendiri untuk menghindari suasana canggung saat bertemu orang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro