Sakit asam urat/Istimewa
Health

Penyebab Penyakit Asam Urat, Hati-hati Pilih Makanan Berikut Ini

Widya Islamiati
Senin, 19 September 2022 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya kadar asam urat dalam darah bisa picu nyeri pada persendian. Kondisi ini biasa disebut dengan penyakit asam urat. Asam urat sendiri merupakan senyawa alami yang ada di dalam tubuh.

Sebenarnya asam urat memiliki manfaat yang baik bagi kinerja tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi kristal asam urat yang tajam bisa membuat persendian menjadi tumpul.

Dilansir dari Healthline, gejala asam urat umumnya meliputi rasa sakit, pembengkakan, kelembutan, kemerahan, kehangatan serta kekakuan pada sendi.

Lalu hal apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit asam urat? Berikut ini pemicu asam urat berdasarkan Healthline dan Health.com.

Obesitas

Kelebihan berat badan memiliki kaitan yang erat dengan penyakit asam urat. Bahkan indeks massa tubuh yang tinggi disebutkan merupakan perkembangan awal penyakit asam urat.

Dehidrasi

Penurunan buang air kecil akibat dehidrasi dapat menjadi pemicu asam urat, sebab terjadi eliminasi asam urat. Bahkan meminum air juga merupakan perawatan bagi penderita asam urat untuk mengurangi gejala yang timbul.

Alkohol

Salah satu minuman yang bisa meningkatkan kadar asam urat adalah bir, anggur dan minuman keras. Mengonsumsi alkohol dalam batas normal bisa meningkatkan risiko serangan asam urat pada pria.
Pada 24 jam pertama setelah meminum 2 porsi minuman beralkohol, bisa meningkatkan risiko terkena asam urat hingga 36%. Namun, jika hanya meminum satu porsi minuman, tidak akan berefek pada peningkatan risiko secara signifikan.

Diabetes dan pradiabetes

Kadar insulin yang tinggi pada penderita diabetes dan pradiabetes dapat menyebabkan terlalu banyaknya kadar asam urat dalam tubuh. Ini kemudian menjadi pemicu gejala asam urat.

Makanan kaya purin

Tubuh memecah purin menjadi asam urat. Ini membuat makanan kaya purin dapat memicu asam urat. Meskipun demikian, tidak semua makanan mengandung purin harus dihindari.

Berikut makanan kaya purin yang harus dihindari:

  1. Ikan kod
  2. Kerang
  3. Ikan sarden
  4. Teri
  5. Ikan salmon
  6. Ikan trout
  7. Haddock

Beberapa makanan mengandung purin yang perlu dibatasi sebagai berikut:

  1. Babi
  2. Bebek
  3. Daging domba
  4. Daging sapi muda
  5. Daging rusa

Ada beberapa jenis sayuran yang juga mengandung purin yang cukup tinggi. Namun, khusus untuk sayuran, meskipun mengandung purin tinggi, tetapi tidak perlu dihindari dah tidak perlu dibatasi.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung purin tinggi seperti, asparagus, bunga kol, kacang hijau, kacang merah, jamur serta bayam.

Minuman manis

Pada orang dewasa ataupun orang dengan kelebihan berat badan, minuman manis bisa menjadi salah satu pemicu asam urat. Minuman manis mengandung gula darah tinggi yan berkaitan dengan jumlah pengumpul asam urat yang juga tinggi pada tubuh.
Minuman yang dapat memicu asam urat seperti, soda, minuman manis, jus buah,minuman berenergi, limun manis dan es teh manis.

Obat-obatan

Aspirin: Ini merupakan obat yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, bahkan jika dikonsumsi dalam dosis rendah.
Diuretik: Obat dah tinggi dan edema ini mempunyai efek samping memicu asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro