Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-Tanda Kanker Mulut yang Jarang Disadari

Berikut tanda-tanda kanker mulut yang sering tidak disadari dan terlambat penanganan.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 22 September 2022  |  16:26 WIB
Tanda-Tanda Kanker Mulut yang Jarang Disadari
Ilustrasi Sariawan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh sebenarnya sudah sering memberikan sinyal terkait apa saja kondisi yang tengah dialami, namun beberapa tanda penyakit yang diberikan oleh tubuh seringkali tidak disadari. Kanker mulut dan beberapa jenis kanker lainnya salah satunya.

Padahal, jika tanda-tanda ini diketahui pada periode awal idap penyakit, bisa membantu proses penyembuhan. Berikut ini tanda-tanda kanker mulut yang jarang disadari berdasarkan timesofIndia dan Healthline!

1. Sariawan yang menahun

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan berbagai luka di bibir, termasuk sariawan. Namun, jika sariawan yang dialami berlangsung tahunan ataupun terus-menerus, harus dicatat baik-baik bahwa ini berpotensi sebagai tanda kanker mulut. Maka, jalan terbaik adalah segera datangi fasilitas kesehatan.

2. Bercak keputihan dalam mulut

Salah satu tanda alami masalah lambung ataupun infeksi mulut memang bisa alami mulut berbercak keputihan atau kemerahan. Namun, bercak ini juga bisa menjadi tanda kanker jika sampai mempengaruhi bicara ataupun rasa.

3. Gigi yang goyang tiba-tiba

Bagi orang dewasa, alami gigi goyang harus ada sebab yang jelas, seperti terbentur ataupun menggigit benda yang keras. Namun, apabila merasakan gigi yang tiba-tiba goyang tanpa sebab yang jelas, ini bisa jadi tanda idap kanker mulut.
Ketika alami kondisi demikian, segera datangi dokter.

4. Benjolan di mulut

Ketika menemukan gumpalan atau benjolan di mulut, segera hubungi dokter dan jangan menunggu gumpalan tersebut hilang dengan sendirinya. Sebab gumpalan tersebut bisa jadi merupakan kanker mulut.

5. Sakit di mulut dan telinga

Rasa sakit yang menyerang mulut tanpa sebab yang jelas bisa jadi merupakan tanda dari kanker mulut. Ini juga bisa jadi terjadi pada telinga, yang tiba-tiba alami sakit tanpa adanya infeksi.

6. Sakit saat menelan

Alami rasa sakit saat menelan bisa jadi karena adanya kanker dalam mulut. Pertumbuhan kanker ini pasti akan mempengaruhi cara makan, Sri mengunyah hingga menelan. Karena pertumbuhan sel kanker di mulut ini bisa membuat fungsi normal mulut berubah.

7. Kesulitan menggerakkan rahang ataupun lidah

Pertumbuhan sel kanker juga berpengaruh pada rahang ataupun lidah. Ketika mengalami kesulitan menggerakkan rahang ataupun lidah, ini bisa jadi indikasi kanker mulut.

8. Bau mulut yang berkepanjangan

Kondisi lain yang bisa jadi merupakan tanda alami kanker mulut adalah bau mulut yang berkepanjangan. Meskipun bau mulut bisa jadi dialami sebagian orang walaupun tanpa kanker, tapi bau mulut berkepanjangan tidak terlalu lazim dialami oleh banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker obat kanker penyakit kanker
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top