Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Tanda Imun Terganggu Saat Musim Pancaroba

Sistem kekebalan yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan dari serangan virus dan bakteri berbahaya.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 24 September 2022  |  16:52 WIB
Ini 5 Tanda Imun Terganggu Saat Musim Pancaroba
Ilustrasi demam - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki musim pancaroba, daya tahan tubuh umumnya akan mengalami penurunan. Sehingga beberapa penyakit seperti demam, flu, pilek hingga sakit kepala kerap muncul. Agar terhindar dari penyakit tersebut, penting untuk menjaga dan mengenali tanda yang muncul apabila imun tubuh tengah menurun.

Sistem kekebalan yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan dari serangan virus dan bakteri berbahaya. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang sering terkena virus dan penyakit, maka ada risiko tinggi bahwa Anda memiliki respons kekebalan yang lemah.  

Orang dengan kekebalan yang cenderung lemah akan mudah terkena infeksi dibandingkan dengan orang lain.  

Saat imun tubuh tidak bekerja secara optimal, maka tubuh akan dengan mudah terserang penyakit. Kata Immunocompromised digunakan untuk menggambarkan sistem kekebalan yang memburuk atau respon imun yang tidak mau beroperasi dengan tepat.  

Merokok berlebihan dan konsumsi alkohol hingga kehidupan yang penuh tekanan, pola makan yang buruk, dan kecemasan merupakan sejumlah besar faktor yang  menekan kekebalan Anda menurun. 

Dilansir dari Pinkvilla pada Sabtu (24/9/2022), saat imunitas tubuh menurun, sebenarnya tubuh akan secara otomatis memberikan sinyal-sinyal yang bisa disadari.

Berikut 5 tanda yang muncul pada tubuh saat imunitas tengah menurun:

1. Mudah terserang pilek dan flu secara konstan

Penyakit yang sering terjadi seperti pilek dan batuk adalah salah satu tanda paling umum dari tubuh yang berusaha mengkomunikasikan bahwa sistem kekebalan sedang menurun.  

Ketika sistem kekebalan Anda melemah, ia tidak memiliki kemampuan untuk melindungi Anda dari serangan virus dan bakteri berbahaya dan dengan demikian membuat Anda mudah terkena flu dan pilek.  

Menurut para ahli kesehatan, “jika Anda kedinginan lebih dari tiga kali setahun dan proses pemulihan membutuhkan banyak waktu, maka itu merupakan indikator sistem kekebalan yang lemah.” 

2. Mendapati beragam masalah perut

Bagian penting dari sistem kekebalan terletak di usus kita dan sedikit gangguan pada bakteri usus dapat menyeret Anda ke berbagai penyakit kesehatan dan penyakit menular.  

Kesengsaraan pencernaan menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda menderitagas, kembung, sembelit dan diare merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda melemah. 

Apabila gejala yg muncul kerap terjadi, hal tersebut menandakan bahwa Anda memang merupakan sosok yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

3. Rendah energi

Pernahkah Anda merasa lemah dan lelah untuk waktu yang lama bahkan setelah gaya hidup yang baik? Jika ya, maka merasa lelah dan lelah berulang kali menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda kurang kuat.  

Respons kekebalan yang terganggu menguras semua tingkat energi Anda sambil membuat Anda merasa marah, lelah, dan jengkel sepanjang hari. Pastikan untuk memeriksa status respons imun Anda jika itu yang terjadi pada Anda. 

4. Banyak stres

Pikiran yang stres sepanjang waktu, berkeringat dan panik tentang hal-hal kecil adalah tanda signifikan dari respons kekebalan yang buruk.  

Stres untuk jangka waktu yang lama dapat dengan mudah mengurangi sel darah putih di tubuh Anda yang selanjutnya mengurangi kekebalan Anda dan membuatnya rapuh.  

Konsultasikan dengan ahli kesehatan dan sertakan makanan kaya vitamin C dalam diet Anda untuk memperkuat kekebalan Anda. 

5. Proses penyembuhan cenderung lambat

Proses penyembuhan yang lambat menandakan masalah kesehatan yang mendasarinya. Ketika Anda mendapatkan luka apa pun, katakanlah, sayatan atau luka bakar, untuk sembuh, sel-sel kulit Anda bersatu. Proses penyembuhan ini hanya dapat terjadi jika sel-sel kekebalan tubuh Anda aktif dan sehat.  

Apabila sistem kekebalan tengah menurun, proses penyembuhan akan memakan waktu yang jauh lebih lama. 

Perhatikan tanda-tanda yang disebutkan di atas dan sertakan makanan kaya vitamin C bersama dengan nutrisi lain untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pancaroba musim hujan kesehatan Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top