Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting! 10 Tips Cara Cegah Diabetes Tipe 2

Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah, sayur-sayuran dan kacang-kacangan untuk mencegah diabetes.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 27 September 2022  |  15:07 WIB
Aneka makanan manis
Aneka makanan manis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, maka tubuh sebaiknya tidak memiliki berat badan yang berlebihan. Simak cara mencegah diabetes bagi tubuh.

Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa dengan kehilangan setidaknya 1kg saja, maka dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan yang sehat.

Simak tips mengatur pola makanan sehat dan mencegah diabetes tipe 2:

1. Pilih minuman tanpa tambahan gula

Terdapat hubungan antara mengonsumsi minuman bersoda dan minuman berenergi dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.  Penelitian menunjukkan bahwa minum teh dan kopi tanpa pemanis dikaitkan dapat membantu dalam penurunan risiko.

Jika Anda merasa sulit untuk mengurangi gula, carilah minuman ringan versi diet atau rendah kalori dan periksa tidak ada tambahan gula. Cobalah untuk tidak mengganti minuman manis dengan jus buah atau smoothie karena masih mengandung gula bebas dalam jumlah tinggi.

Anda dapat mulai terbiasa dengan lebih banyak mengonsumsi air mineral, susu biasa, teh atau kopi tanpa tambahan gula, sebagai penggantinya.

2. Pilih karbohidrat serat yang lebih tinggi 

Mengkonsumsi roti putih, nasi putih dan sereal sarapan manis biasanya dikenal sebagai karbohidrat olahan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Namun, biji-bijian seperti beras merah, pasta gandum, tepung gandum, roti gandum dan gandum dan terkait dengan pengurangan risiko.

Pilihlah makanan yang paling banyak mengandung serat seperti buah, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Selain itu,  yoghurt dan susu tanpa pemanis juga memiliki lebih banyak serat yang diyakini dapat membantu untuk meredakan risiko kondisi serius lainnya seperti obesitas, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu. 

3. Kurangi daging merah dan daging olahan

Mengonsumsi daging merah dan daging olahan berlebih juga memiliki hubungan dengan masalah jantung dan jenis kanker tertentu.

Anda harus mulai mencoba untuk mendapatkan lebih banyak protein dari makanan sehat seperti kacang-kacangan, telur, ikan, dan ayam.

4. Perbanyak makan buah dan sayuran

Dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dalam diet Anda dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Adapun buah dan sayur yang disarankan ialah apel, anggur, berry, sayur bayam, kangkung, selada air,dan  roket. 

5. Konsumsi yogurt dan keju tanpa pemanis

Yogurt dan keju adalah produk susu yang difermentasi dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. 

Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi susu setiap hari untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda.  Opsi porsi harian yang dapat dikonsumsi ialah 200ml (1/3 liter) susu, 30 gram keju, dan 125g yoghurt.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes gula sayuran
Sumber : Diabetes.org.uk
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top