Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendikbud Ristek-Atsanti Gelar Konser di Borobudur, Ada Ello dan Ardhito

Kemendikbud Ristek-Atsanti Foundation menggelar konser musik budaya bertajuk “Nada Nusantara Live at Borobudur”, Rabu.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 27 September 2022  |  15:38 WIB
Kemendikbud Ristek-Atsanti Gelar Konser di Borobudur, Ada Ello dan Ardhito
Musisi Ardhito Pramono - Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bersama Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti Foundation) menggelar konser musik budaya bertajuk “Nada Nusantara Live at Borobudur”, Rabu (27/9/2022).

Konser yang bertempat di Taman Aksobya, Kawasan Percandian Borobudur ini, menampilkan para musisi, di antaranya Ridho Hafiedz, Ardhito Pramono, Yura Yunita, Marcello Tahitoe, dan musisi-musisi dari 3 daerah; Jawa Tengah, Bali, serta Maluku.

Konser ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program Kemendikbudristek dan Atsanti Foundation bernama serupa, yaitu Nada Nusantara. Program ini adalah sebuah wujud upaya Preservasi, Inspirasi, dan Regenerasi budaya di Indonesia, khususnya melalui kacamata seni musik dan alat musik tradisional, sehingga tetap relevan, terkini, dan diminati oleh generasi muda.

“Sejak Mei 2020, Yayasan Atsanti melalui berbagai program secara konsisten mengajak berbagai pihak untuk mengenali, mencintai, serta memajukan musik tradisi Nusantara melalui inovasi dan kreasi baru yang segar. Pada program Nada Nusantara ini, Atsanti menggandeng beberapa musisi kontemporer untuk turut mengampanyekan penggunaan alat musik tradisi dalam karya musik mereka,” ucap M.F. Nilo Wardhani, Ketua Yayasan Atsanti dalam keterangan resmi kepada Bisnis, Rabu (27/9).

Program ini telah dimulai pada pertengahan 2022 di tiga titik daerah, yaitu Jawa Tengah, Bali, dan Maluku, dengan detail kegiatan mulai dari workshop dan Forum Group Discussion (FGD); kolaborasi penciptaan musik baru antara musisi kontemporer dan musisi-musisi dari tiga daerah; serta pembuatan dokumenter yang bertujuan merekam perjalanan budaya, proses belajar, dan proses mencipta para musisi. Dokumenter tiga episode dari 3 destinasi ini lengkapnya akan bisa ditonton segera di IndonesianaTV, YouTube channel Budaya Saya, dan YouTube channel Atsanti Foundation.

Para musisi yang terlibat dalam rangkaian kegiatan di atas, akan turut tampil dalam gelaran konser nanti, menampilkan tidak hanya karya-karya dari daerah masing-masing, tetapi juga menampilkan lagu baru hasil kolaborasi dari 3 daerah; “Ku Selalu di Sini” (Ridho Hafiedz, Marcello Tahitoe, para musisi Jawa Tengah), “Nada Kaya” (Ridho Hafiedz, Yura Yunita, para musisi Karangasem, Bali), dan “Nusa Ina” (Ridho Hafiedz, Ardhito Pramono, dan para musisi Ambon, Maluku).

Ridho Hafiedz, salah satu musisi legendaris kebanggaan Indonesia, menyatakan alasannya tergerak untuk terlibat dalam program Nada Nusantara.

“Ini jadi wujud partisipasi saya untuk edukasi dan regenerasi musik Nusantara, sehingga bisa jadi warisan bagi generasi penerus bangsa. Semoga alat musik tradisi juga bisa semakin dikenal, dan masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah se-Indonesia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

borobudur konser musik
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top