Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mengatasi Selulit yang Mengganggu 

Wahai perempuan, berikut cara untuk mengatasi selulit yang mengganggu dengan mudah.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 28 September 2022  |  19:35 WIB
Cara Mengatasi Selulit yang Mengganggu 
Selulit - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu masalah yang cukup menyebalkan yang dihadapi seorang ibu setelah melahirkan adalah timbulnya selulit. Selulit berupa area tidak rata yang cukup kental di beberapa bagian tubuh seperti pinggul, paham, ataupun bokong.

Selulit timbul akibat adanya tarikan oleh pita jaringan ikat pada area lemak ke bawah, tepatnya pada jaringan yang lebih dalam. Meskipun cukup mengganggu, namun selulit tidaklah berbahaya.

Penyebab munculnya selulit

Dilansir dari Healthline, selulit bisa muncul akibat penumpukan lemak di bawah kulit. Luas area selulit biasanya dipengaruhi oleh gen, persentase lemak dalam tubuh, ketebalan kulit serta usia.

Selulit juga bisa disebabkan oleh hormon, diet yang tidak baik, gaya hidup tidak sehat, akumulasi racun, genetika, penambahan berat badan, kurang bergerak aktif ataupun hamil.

80 hingga 90 persen wanita punyai selulit. Hal ini disebabkan oleh distribusi lemak pada wanita lebih terlihat dibandingkan pria. Selain itu, salah satu hal yang umum menimbulkan  munculnya selulit adalah kehamilan.

Bagaimana cara atasi selulit yang menganggu?

Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi selulit. Seperti kriolipolisis, menghilangkan selulit dengan membekukan sel-sel lemak di bawah kulit. 

Lalu, selfina, perawatan non bedah yang dilakukan dengan memecahkan pita keras dibawah kulit untuk menghilangkan selulit di laga dan bokong. 

Perawatan laser dan frekuensi radio, terapi medis ini menggunakan metode pijat jaringan dengan mengkombinasikan teknologi frekuensi radio dengan energi laser dioda. 

Masih ada beberapa prosedur medis yang bisa digunakan untuk menghilangkan selulit. Namun, ada juga perawatan rumahan yang bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan selulit yang mengganggu ini. 

Meskipun, hasilnya akan terlihat dengan perawatan yang lebih lama dibandingkan dengan hasil dari prosedur medis.

1. Eksfoliasi dengan ampas kopi 

Bukan hanya wajah yang perlu dieskfoliasi, selulit juga bisa memudar usai dieskfoliasi. Karena prinsip eksfoliasi yang menghilangkan sel-sel kulit mati serta mendorong pertumbuhan sel baru dan mengencangkan kulit.

Caranya, dengan mencampur ampas kopi dengan minyak zaitun ataupun minyak kelapa, serta gula. Lalu gosok dengan lembut pada area selulit selama 10 menit. Kemudian bilas.

2. Minum cuka apel

Selain bisa dengan dioleskan pada area selulit, cara mengatasi selulit dengan cuka apel dengan diminum untuk menurunkan berat badan. 

3. Mengubah gaya hidup tidak sehat

Salah satu penyebab timbulnya selulit adalah naiknya berat badan. Maka dengan beralih pada gaya hidup sehat dan mempertahankan berat badan ideal, secara tidak langsung sudah mengatasi selulit.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit perawatan kulit kulit kering kulit gatal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top