Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Selulit, Musuhnya Kaum Perempuan

Selulit terlihat seperti kulit berlesung atau bergelombang. Kadang-kadang digambarkan memiliki tekstur keju cottage atau kulit jeruk.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 23 Februari 2022  |  12:56 WIB
Selulit - Istimewa
Selulit - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda pernah melihat "kulit jeruk" di paha Anda atau paha orang lain, maka Anda akrab dengan selulit.

Selulit adalah kondisi kulit yang sangat umum dan tidak berbahaya yang menyebabkan daging berlekuk di paha, pinggul, bokong, dan perut. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita.

Banyak orang mencoba, dengan berbagai keberhasilan, untuk memperbaiki penampilan kulit mereka melalui penurunan berat badan, olahraga, pijat dan krim yang dipasarkan sebagai solusi untuk selulit. Pilihan pengobatan yang terbukti secara medis juga tersedia, meskipun hasilnya tidak langsung atau tahan lama.

Gejala

Selulit terlihat seperti kulit berlesung atau bergelombang. Kadang-kadang digambarkan memiliki tekstur keju cottage atau kulit jeruk.

Anda dapat melihat selulit ringan hanya jika Anda mencubit kulit di area yang memiliki selulit, seperti paha. Selulit yang lebih parah membuat kulit tampak kusut dan bergelombang dengan area puncak dan lembah.

Selulit paling umum di sekitar paha dan bokong, tetapi juga dapat ditemukan di payudara, perut bagian bawah, dan lengan atas.

Perawatan tidak diperlukan. Tetapi jika Anda khawatir tentang penampilan kulit Anda, bicarakan dengan dokter perawatan primer Anda atau spesialis penyakit kulit (dokter kulit) atau operasi plastik tentang pilihan pengobatan.

Penyebab

Sedikit yang diketahui tentang apa yang menyebabkan selulit. Ini melibatkan tali ikat fibrosa yang menambatkan kulit ke otot di bawahnya, dengan lemak berada di antaranya. Saat sel-sel lemak menumpuk, mereka mendorong kulit, sementara tali yang panjang dan kuat tertarik ke bawah. Ini menciptakan permukaan atau lesung pipit yang tidak rata.

Selain itu, faktor hormonal memainkan peran besar dalam perkembangan selulit, dan genetika menentukan struktur kulit, tekstur kulit, dan tipe tubuh. Faktor lain, seperti berat badan dan tonus otot mempengaruhi apakah Anda memiliki selulit, meskipun orang yang sangat bugar pun dapat memilikinya.

Faktor risiko

Selulit jauh lebih umum pada wanita daripada pria. Faktanya, sebagian besar wanita mengalami selulit setelah pubertas. Ini karena lemak wanita biasanya didistribusikan di paha, pinggul, dan bokong — area umum selulit. Selulit juga lebih umum dengan penuaan, ketika kulit kehilangan elastisitas.

Penambahan berat badan dapat membuat selulit lebih terlihat, tetapi beberapa orang kurus juga memiliki selulit. Ini cenderung berjalan dalam keluarga, jadi genetika mungkin memainkan peran terbesar dalam apakah Anda mengembangkan selulit. Gaya hidup yang tidak aktif juga dapat meningkatkan peluang Anda memiliki selulit, seperti halnya kehamilan.

Perawatan Selulit

Selulit muncul lebih sedikit pada kulit yang lebih gelap. Jadi, jika Anda memiliki kulit terang, self-tanner dapat membuat benjolan dan lesung pipi lebih sulit dikenali. Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengatasi selulit, tetapi ada cara untuk menghilangkan atau menguranginya. Beberapa bekerja lebih baik daripada yang lain.

1. Kriolipolisis

Prosedur non-invasif ini membekukan dan membunuh sel-sel lemak. Begitu mereka mati, tubuh Anda secara alami menghilangkannya. Perawatan ini biasanya digunakan untuk membentuk tubuh, tetapi penghilangan lemak juga dapat memperbaiki selulit Anda. Diperlukan tiga kali perawatan dan 3 atau 4 bulan bagi Anda untuk melihat hasilnya.

2. Perawatan laser

Juga disebut sistem frekuensi radio, mereka menjanjikan selulit. Perawatan biasanya menggabungkan pijat, sedot lemak, atau terapi cahaya. Dapat mencairkan lemak, memotong jaringan ikat untuk melonggarkan kerutan, meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mengencangkan kulit, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi retensi cairan. Harapkan hasil bertahan setidaknya 6 bulan.

Salah satu perawatan laser populer yang disetujui FDA adalah Cellulaze. Dokter menyuntikkan solusi mati rasa ke area tersebut, kemudian menempatkan laser di bawah kulit Anda. Ini menembakkan panas ke tiga arah. Anda dapat mengharapkan sekitar 75% peningkatan selulit Anda selama sekitar satu tahun.

3. Pijat

Sebagian besar pilihan didasarkan pada gagasan bahwa memijat area yang bermasalah akan meningkatkan aliran darah dan mengurangi penumpukan cairan. Hasilnya: Pinggul dan bokong terlihat lebih baik.

Endermologie (atau lipomassage atau endermology) adalah jenis pijat mekanis tertentu. Mesin dengan hisap tekanan rendah meremas kulit Anda di antara dua rol yang berputar. Teorinya adalah bahwa pijatan dalam akan memecah jaringan ikat yang menyebabkan lesung pipit. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa teknik pijat, termasuk endermologie, membuat kulit Anda terlihat lebih baik untuk waktu yang singkat tetapi tidak memberikan manfaat jangka panjang. Beberapa ahli khawatir bahwa hisapan dapat menyebabkan kulit Anda mengendur sebelum waktunya, sehingga terlihat lebih buruk.

4. Terapi gelombang kejut

Ini adalah versi teknologi rendah energi yang menangani batu ginjal. Ini adalah perawatan non-invasif yang diberikan dua kali seminggu selama 6 minggu atau lebih. Ini bisa memberikan hasil selama 2 hingga 6 bulan, tetapi penelitian lebih lanjut tentang seberapa baik kerjanya dan berapa lama hasil dapat bertahan diperlukan.

5. Mengecilkan lemak, membangun otot

Orang-orang dari semua ukuran dapat memiliki selulit. Tetapi jika Anda kelebihan berat badan, pengobatan yang paling efektif adalah menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh Anda. Makan lebih sedikit dan tambahkan lebih banyak latihan kardio dan kekuatan. Angkat beban minimal 2 hari seminggu. Fokus pada kaki, pinggul, dan bagian belakang Anda. Otot yang kuat dan tegas di bawah lapisan lemak yang lebih tipis akan membuat kulit Anda lebih halus dan tidak mengerut.

6. Subsisi

Prosedur invasif minimal ini dapat meningkatkan selulit Anda. Hasil telah terbukti bertahan setidaknya selama 2 tahun. Dokter menandai area tersebut, menyuntikkan solusi mati rasa, dan kemudian memasukkan pisau kecil untuk memotong jaringan ikat yang menahan lemak Anda ke lesung pipit itu.

Perangkat genggam yang disebut Cellfina telah disetujui pada tahun 2015 untuk membuat prosedur ini lebih tepat. Ini memberikan kontrol kedalaman dan area yang dirawat dengan bantuan vakum. Sekitar 20 sampai 30 lesung selulit individu dirawat selama sesi 1 jam rata-rata. Hasil bisa bertahan hingga 2 tahun.

7. Produk perawatan 

Berbagai krim di pasaran mengklaim dapat mengurangi selulit. Banyak yang memiliki bahan yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemecahan lemak (kafein, aminofilin, teofilin). Lainnya mengandung vitamin, mineral, dan ekstrak herbal. Umumnya, produk-produk ini hanya menawarkan sedikit manfaat, tetapi dapat menambah nilai bila dikombinasikan dengan perawatan lain.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa krim retinol dapat membantu mengatasi selulit, tetapi hasilnya tidak bagus. Aplikasi krim retinol 0,3% dua kali sehari selama 6 bulan dapat menebalkan kulit Anda dan mengurangi tampilan kulit jeruk.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit hormon
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top