Lambung/Istimewa
Health

Waspada, Makan Makanan Panas Bisa Berdampak Buruk pada Tubuh Lho

Widya Islamiati
Jumat, 7 Oktober 2022 - 23:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengonsumsi makanan yang baru saja selesai dimasak dan masih terlihat kepulan asapnya memang mempunyai cita rasa tersendiri. Seperti menikmati makanan berkuah ala china, hotpot yang panas maupun nasi hangat.

Namun, mengkonsumsi makanan panas tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini bahaya makanan panas bagi kesehatan!

1. Dapat merusak email gigi

Saat seseorang mengonsumsi makanan dengan suhu tinggi, baik makanan maupun minuman, ini kana menyebabkan terkikisnya email gigi orang tersebut. Email gigi adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi.

Saat seseorang kehilangan atau alami kerusakan email gigi, ini kana sebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu dan sering rasakan ngilu. Kondisi rusaknya email gigi ini juga bisa sebabkan gigi berlubang.

2. Bisa Sebabkan Kanker

Selain bisa sebabkan rusaknya email gigi, ini juga bisa berakibat pada peningkatan risiko kanker lambung. Lapisan lambung sebenarnya tidak bisa menahan makanan yang bersuhu tinggi. Asupan makanan bersuhu tinggi ini juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

3. Sebabkan luka pada tenggorokan

Mengonsumsi makanan ataupun minuman panas juga bisa menyebabkan luka pada tenggorokan. Ini akan berpengaruh pada proses pencernaan makanan. Karena tenggorokan merupakan organ pencernaan yang harus dilalui oleh makanan sebelum sampai ke usus.

4. Lidah Bisa Melepuh dan Mati rasa

Lidah sebagai organ tubuh pertama yang merasakan panasnya makanan ataupun minuman juga sebenarnya sudah memberi sinyal bahwa makanan atau minuman yang panas tidak baik untuk tubuh. Lidah akan mati rasa dan pecah-pecah saat mengonsumsi makanan ataupun minuman bersuhu tinggi ini.

5. Picu luka pada lambung

Setelah lidah dan tenggorokan, lambung yang rentan terkena kanker juga bisa terlukai akibat makanan ataupun minuman panas. Karena selain picu pertumbuhan sel kanker, makanan dan minuman panas juga mengiritasi dinding lambung yang tidak tahan suhu ekstrim.

6. Timbulkan gangguan pencernaan

Makanan ataupun minuman panas memang tidak secara langsung sebabkan gangguan pencernaan. Namun, biasanya setelah mengonsumsi makanan yang panas, minuman yang disajikan adalah yang sebaliknya, dingin. Perubahan suhu yang drastis inilah yang memicu gangguan pencernaan, sebab membuat makanan menjadi lebih sulit dicerna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro