Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kiat Bangun Rumah dengan Bujet Terbatas

Berikut tips dan kiat membangun rumah untuk tempat tinggal dengan dana terbatas
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Oktober 2022  |  17:59 WIB
Kiat Bangun Rumah dengan Bujet Terbatas
Real Estate - huffingtonpost
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun rumah untuk hunian butuh perencanaan dan persiapan yang matang selain juga dana.

Tujuannya, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi Anda, dan Anda merasa puas tanpa mengeluhkan hal sekecil apapun.

Walaupun, error bisa saja terjadi ketika Anda membangun atau merenovasi rumah, tapi ini bisa diantisipasi dengan perencanaan dan persiapan yang matang tadi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kiat menyiapkan dan merencanakan membangun rumah dengan bujet terbatas namun hasilnya memuaskan. 

1. Memiliki rencana

Langkah paling penting mutlak yang dapat Anda ambil adalah memiliki rencana. Tetapi perencanaan lebih dari sekadar cetak biru dan pengembangan aplikasi. Ini berarti memutuskan kerangka waktu yang realistis, anggaran yang tepat, dan pembuat yang tepat (kedua poin ini akan kita jelajahi lebih detail di depan). Tetapi itu juga berarti merencanakan orientasi fisik rumah Anda yang sebenarnya.

2. Lakukan riset 

Untuk merencanakan dengan benar, Anda perlu meluangkan waktu untuk meneliti semua faktor yang digunakan untuk membangun rumah Anda sendiri. Ini dimulai dengan di mana Anda ingin membangun. Sebelum Anda membeli banyak, Anda perlu meneliti pinggiran kota yang akan Anda bangun. Cari tahu tentang sekolah, layanan, dan fasilitas setempat. Lihatlah tren harga rumah di daerah tersebut, dan coba pelajari sedikit tentang proses pengembangan wilayahnya.

3. Pilih desain

Setelah Anda memilih pembangun Anda, saatnya untuk memilih desain rumah. Lihat secara menyeluruh semua desain oleh pembuat pilihan Anda, dan kunjungi sebanyak mungkin rumah pajangan mereka. Anda harus memastikan desainnya sesuai dengan bidang tanah Anda, tetapi Anda juga harus memastikannya sesuai dengan kebutuhan Anda, baik sekarang maupun di masa depan.

4. Atur anggaran Anda

Mengetahui anggaran Anda memastikan Anda tidak mengalami kejutan yang tidak menyenangkan. Ingat, kemungkinan Anda perlu memperhitungkan biaya seperti bea materai, biaya perencanaan dan persetujuan, biaya penyelesaian, dan biaya terkait lainnya. Jelas lebih baik untuk over-budget daripada under-budget.

5. Pilih arsitek dan kontraktor yang tepat

Memilih pembangun yang tepat untuk konstruksi rumah baru Anda. Pembangun yang tepat untuk Anda akan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk desain rumah pilihan, area tempat membangun, anggaran, layanan dan fasiltas yang diharapkan,

Saat Anda meneliti pembangun, perhatikan baik-baik reputasi mereka. Lihatlah beberapa rumah yang mereka bangun di masa lalu untuk melihat apakah mereka sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda. 

Rendy Gunawan, CEO Indobild mengatakan di era digitalisasi saat ini, kian memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses segala informasi yang akan dibutuhkan. Salah satunya adalah kemudahan dalam mendapatkan mengakses informasi seputar bidang konstruksi atau industri pembangunan.

Meski begitu, katanya, masih banyak masyarakat yang cenderung kesulitan mencari kontraktor atau penyedia jasa konstruksi yang terpercaya dan terjamin aman. Karena permasalahan tersebut, menyebabkan pemilik hunian harus memakan waktu yang lama karena kekurangan informasi yang terpercaya untuk mencari jasa kontraktor tepat.

"Kami menawarkan layanan berbagai kebutuhan pembangunan antaranya, jasa renovasi atau bangun rumah, order jasa tukang atau kontraktor, dan penyedia bahan baku material secara online. Jadi untuk perbaikan minor maupun mayor, renovasi rumah, ataupun bangun baru jadi lebih mudah," ujarnya.

Dia memaparkan untuk membangun atau merenovasi rumah, Anda harus mencari kontraktor atau tukang terpercaya dimana tukang dan kontraktor telah terverifikasi dan terstandarisasi. Selain itu, juga melihat perbandingan rating dan portofolio atas penyediajasa.

Selain itu, Anda juga dapat harus mengetahui informasi harga pasar, proses RAB (Rencana Anggaran Biaya) transparan mulai dari saat pembuatan RAB hingga tahap pengerjaan transparan dan terstandarisasi. Termasuk juga memilih kontraktor yang bisa memberikan negosiasi harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hunian hunian perkotaan hunian vertikal hunian berimbang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top