Cuka apple atau apple cider vinegar/Istimewa
Health

Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bikin Ginjal Sehat

Widya Islamiati
Senin, 17 Oktober 2022 - 20:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit gangguan ginjal pada anak saat ini masih menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, IDAI masih melaporkan kenaikan jumlah kasus penyakit tersebut hingga (16/10/2022) kemarin.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit yang timbul di organ yang bentuknya mirip dengan kacang ini adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan ginjal.

Berikut ini makanan yang baik untuk kesehatan ginjal berdasarkan beberapa sumber.

1. Ikan mengandung omega 3

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial atau sebutan bagi asam lemak yang tidak dapat dibuat sendiri. Ini bisa didapat dari konsumsi makanan. 

Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan bahkan ikan bandeng mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Dalam National Kidney Foundation disebutkan, lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga sedikit menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah faktor risiko penyakit ginjal. 

2. Apel

Apel adalah buah yang kerap dijadikan camilan sehat karena mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

3. Kubis

Sayuran ini sarat dengan kandungan fitokimia. Jenis zat kimia atau nutrien ini dapat membantu mengendalikan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh ginjal.

4. Air putih

Bukan rahasia lagi jika air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain murah, minuman ini adalah minuman terpenting bagi tubuh. Sel-sel menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah.

Ginjal kemudian akan menggunakan air untuk menyaring racun ini keluar dan untuk membuat urin yang mengangkutnya keluar dari tubuh. Sehingga akan timbul perasaan haus.

5. Bawang merah

Bawang merah punyai fungsi baik untuk ginjal karena mengandung flavonoid dan Quercetin. Kedua jenis antioksidan ini berfungsi untuk menjaga ginjal tetap sehat dan juga rendah potasium yang dianggap baik untuk ginjal.

6. Biji labu 

Biji labu kaya akan serat, vitamin E, seng, protein, tembaga dan besi. Semua kandungan tersebut dapat berperan untuk menurunkan risiko batu kandung kemih, dan melindungi ginjal dari kerusakan eksternal.

7. Jus lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C dan asam sitrat. Keduanya akan membantu menjaga tingkat pH internal dan meningkatkan kesehatan ginjal yang lebih baik dan membantu mengobati masalah ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro