Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Good Doctor dan Lazada Rancang Program Kesehatan untuk Kurir

mitra kurir Lazada kini bisa mendapatkan layanan kesehatan telemedicine yang ditawarkan Good Doctor
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Oktober 2022  |  20:29 WIB
Good Doctor dan Lazada Rancang Program Kesehatan untuk Kurir
Kerja sama Good Doctor dan Lazada
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan Lazada Logistic merancang program kesehatan khusus untuk mitra kurir Lazada Logistics.

Program kesehatan ini, disesuaikan dengan kondisi para mitra kurir yang memiliki jam kerja panjang dan membutuhkan kesehatan fisik yang prima.

Dalam program ini, mitra kurir Lazada Logistics akan memperoleh manfaat tidak terbatas dari Good Doctor berupa telekonsultasi dengan dokter umum, layanan dokter prioritas, dan pengantaran obat hingga ke depan pintu rumah mereka.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan untuk mendukung kesehatan para kurir adalah telemedicine. Layanan kesehatan berbasis digital ini dapat diakses hanya dengan smartphone kapan pun dan di mana pun sehingga sesuai dengan para mitra kurir yang selalu membawa smartphone saat bekerja dan pekerjaan mereka yang bersifat mobile.

Dengan menggunakan layanan telemedicine Good Doctor, telekonsultasi dapat dilakukan setiap saat dan di sembarang tempat hanya dengan smartphone. Telekonsultasi berlangsung sekitar 15 menit dengan waktu tunggu hanya 1—3 menit. Apabila setelah telekonsultasi, pasien memerlukan obat, obat akan diantar langsung oleh Good Doctor ke rumah pasien. 

Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia, Philippe Auberger mengatakan, melalui penyediaan akses telemedicine dari Good Doctor, kami berharap program ini bisa menjadi penyemangat bagi para mitra kurir kami untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan selalu merasa terlindungi selama bekerja. 

Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan Good Doctor merancang paket khusus untuk mitra kurir Lazada Logistics agar bisa mengakses layanan telemedicine tanpa batas di aplikasi Good Doctor.

"Dengan paket ini, para mitra kurir dapat melakukan telekonsultasi dengan dokter umum dan menerima obat yang mereka perlukan. Selain itu, mereka memperoleh layanan dokter prioritas. Mereka memperoleh akses kepada dokter pilihan mereka dan tidak akan dialihkan ke dokter lain saat mereka ingin kembali berkonsultasi.”  ujarnya.

Head of Medical, PT Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan, mengatakan, dengan layanan telemedicine Good Doctor, mitra kurir dapat mengatur waktu secara efisien dibandingkan harus pergi ke fasilitas kesehatan offline. Layanan telemedicine Good Doctor juga sebagai tindakan pencegahan untuk membantu para mitra kurir memelihara kesehatan mereka supaya tidak mudah sakit.

"Apabila mereka sakit, mereka akan absen di tempat kerja sehingga bisa mengurangi insentif mereka.” tambahnya.

Kemitraan Good Doctor dengan Lazada Logistics ini menggunakan sistem keanggotaan kapitasi. 

 

 

 

 

Jakarta, Oktober 2022 – Peningkatan penggunaan internet di Indonesia dan pandemi COVID-19 semakin mendorong masyarakat untuk menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam berbelanja. Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan COVID-19 di masa awal pandemi menyebabkan semua kegiatan baik bekerja maupun sekolah dilakukan di rumah. Ketakutan tertular virus ini juga membuat orang enggan ke luar rumah. Akibatnya, semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk berbelanja. Manfaat berbelanja online yang sudah dirasakan seperti bisa melakukan transaksi selama 24 jam, memperoleh barang dari mana pun, harga lebih murah, dan barang diantar sampai di rumah membuat masyarakat tetap memilih berbelanja online sekalipun pembatasan sudah dilonggarkan dan berbagai aktivitas kembali berlangsung offline walaupun tetap dibatasi.

 

Dikutip dari website International Trade Administration, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada tahun 2020. Sebanyak 90% pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di negara ini telah membeli produk dan layanan secara online. Peningkatan e-commerce juga terlihat dari nilai transaksi perdagangan berbasis digital ini. Data Bank Indonesia menunjukkan bisnis dagang berbasis digital meningkat dari Rp253 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp337 triliun pada tahun 2021. Pada tahun 2022, nilai transaksi e-commerce diperkirakan akan mencapai Rp530 triliun. Nilai transaksi yang terus meningkat ini juga menunjukkan bahwa e-commerce berperan penting dalam perekonomian nasional.

 

Seiring dengan peningkatan aktivitas belanja online, bisnis logistik pun akan mengalami peningkatan. Peningkatan volume pengiriman barang membutuhkan lebih banyak kurir. Sebagai kurir—apalagi kurir motor—membutuhkan kondisi fisik yang prima dan mengalami stres yang lebih tinggi daripada kurir mobil karena kurir motor lebih terekspos terhadap lalu lintas dan cuaca. Misalnya, saat hujan, orang lebih memilih berbelanja online daripada ke luar rumah untuk berbelanja. Sementara saat hujan biasanya terjadi kemacetan. Tetap saja kurir motor harus mengantar barang tepat waktu dan memastikan barang itu dalam kondisi baik, tidak basah. Kemacetan juga menyebabkan jam kerja kurir bertambah panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telemedicine lazada
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top