Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes/Freepik
Health

Kenali 11 Gejala Diabetes dari Kondisi Kulit, Ini Tandanya

Ileny Rizky
Selasa, 8 November 2022 - 07:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah hingga di atas batas normal.

Melansir laman American Academy of Dermatology Association (AADA), diabetes dapat berdampak pada banyak bagian tubuh, termasuk kulit. 

Ketika diabetes mempengaruhi kulit, seringkali itu merupakan sebuah tanda bahwa kadar glukosa pada tubuh sedang dalam kondisi yang tinggi. Kulit akan lebih rentan terserang beberapa masalah, tak heran jika kulit menjadi mudah iritasi dan kering.

Selain itu, ADA mengungkapkan bahwa terdapat sekitar sepertiga penderita diabetes akan mengalami masalah kulit, seperti munculnya ruam pada kulit. 

Kenali 11 tanda dan gejala diabetes yang dapat dilihat pada kulit:

1. Terdapat bercak kuning, kemerahan atau coklat pada kulit 

Kondisi ini disebut dengan Nekrobiosis Lipoidika, pada kondisi ini kulit mulai memiliki benjolan padat kecil yang terlihat seperti jerawat.

Perlahan-lahan benjolan ini berubah menjadi bercak kulit yang bengkak dan keras. Bercak bisa berwarna kuning, kemerahan, atau coklat.

2. Warna kulit menjadi lebih gelap

Tanda pra diabetes dalam istilah medis disebut dengan acanthosis nigricans. Kondisi ini seringkali menyebabkan kulit lebih gelap di lipatan leher.

Selain di bagian belakang leher, kondisi ini juga dapat ditemui di bagian ketiak, selangkangan, atau di tempat lain. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh memiliki terlalu banyak insulin dalam darah.

3. Infeksi Jamur

Penderita diabetes umumnya lebih mudah dalam terinfeksi jamur, khususnya infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans.

Jamur ini menimbulkan adanya ruam merah dan gatal yang dikelilingi oleh lepuhan kecil dan sisik. Kondisi ini biasanya dijumpai di daerah yang lembab seperti ketiak atau di antara jari kaki.

Infeksi jamur lain yang umum terjadi pada penderita diabetes antara lain, kurap, gatal di selangkangan, dan infeksi jamur vagina.

4. Kulit Gatal

Kondisi kulit gatal ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Biasanya penderita diabetes  akan merasakan gatal pada kaki bagian bawah.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mengurangi frekuensi mandi dan menggunakan sabun yang lembut. 

5. Kulit keras dan menebal

Penderita diabetes seringkali mendapati kulit yang keras dan menebal pada jari tangan, jari kaki, atau keduanya, nama medis untuk kondisi ini adalah sklerosis digital.

Pada bagian tangan, biasanya akan ditandai dengan kulit kencang seperti lilin di punggung tangan. Kemudian jari-jari biasanya menjadi kaku dan terasa sulit digerakkan.

Kulit yang keras, tebal, dan tampak bengkak ini dapat menyebar dan biasanya sering muncul di lengan bawah dan lengan atas. 

Kondisi ini juga dapat muncul di punggung atas, bahu, dan leher. Bahkan, terkadang kulit yang menebal ini dapat menjalar ke wajah, bahu, dan dada.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit di atas lutut, pergelangan kaki, atau siku juga dapat menebal, sehingga sulit rasanya untuk sekedar meluruskan kaki, mengarahkan kaki, atau menekuk lengan. 

Kulit yang menebal sering kali memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Masalah kulit ini biasanya berkembang pada orang yang memiliki komplikasi akibat diabetes.

6. Kulit Melepuh

ADA menyebut bahwa kondisi ini pada dasarnya jarang terjadi. Kondisi kulit melepuh ini dalam dunia medis dikenal dengan Bullosis Diabetesorum.

Lepuhan biasanya terjadi pada punggung jari tangan, tangan, jari kaki, kaki, dan terkadang pada tungkai atau lengan bawah. 

Menyerupai luka bakar, Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengendalikan kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro