Kulit berminyak/Istimewa
Fashion

Stop! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Lebih Berminyak

Widya Islamiati
Rabu, 16 November 2022 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menerapkan pola hidup sehat termasuk menjaga asupan makanan selain dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat juga dapat menjaga kulit agar tetap sehat, termasuk menghindari kulit menjadi lebih berminyak.

Sebab, ada beberapa makanan yang dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak. 

Berikut ini makanan yang dapat menyebabkan kulit berminyak berdasarkan Timesofindia.

1. Produk susu

Makanan dari produk susu memang kaya akan protein yang menyehatkan. Namun, bagi kulit ini justru dapat membawa angin tidak sedap.

Hal ini lantaran kandungan hormon yang tinggi pada produk susu dapat menyumbat pori-pori kulit. Sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Setelah berminyak, kulit akan menjadi rentan berjerawat.

Meskipun demikian produk susu dari tumbuhan seperti susu kedelai tidak memiliki efek yang sama. 

2. Makanan yang digoreng

Bukan rahasia umum lagi jika gorengan dapat membahayakan kesehatan kulit. Namun, bukan hanya gorengan yang dijajakan di tepi jalan seperti bakwan, goreng dan lain-lain saja, tetapi semua makanan yang melewati proses penggorengan tidak baik untuk kulit.

Beberapa penelitian menemukan, konsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan jerawat pada kulit dan makanan yang digoreng dengan minyak memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi di dalamnya.

3. Makanan asin

Garam bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit, meskipun konsumsi garam juga baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi perasa asin ini bisa membuat kulit kehilangan air dan memproduksi minyak secara berlebihan.

4. Alkohol

Konsumsi alkohol selain dapat membahayakan ginjal juga dapat membuat kulit kering dan dehidrasi. Sehingga menyebabkan peningkatan produksi minyak untuk mengganti kehilangan air tersebut. 

Selain itu, konsumsi alkohol juga membuat lebih banyak berkeringat yang bisa membuat pori-pori tersumbat. 

5. Makanan manis

Makanan manis juga dapat menyebabkan kulit berminyak. Hal ini lantaran makanan manis mengandung gula yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro