Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mau Jadi Freelancer? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut Ini

Sebelum jadi freelancer, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 28 November 2022  |  22:52 WIB
Mau Jadi Freelancer? Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut Ini
Ilustrasi - Rantchic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang lebih senang menjadi freelancer daripada pekerja kantoran yang terikat perusahaan.

Alasannya bisa memiliki waktu lebih fleksibel, atau bisa bekerja di beberapa perusahaan sekaligus. Artinya, mereka bisa mendapat beberapa sumber penghasilan.

Tapi, memutuskan menjadi freelancer tidak semudah itu. Karena ada beberapa hal yang harus Anda korbankan. Semisal pendapatan tetap, tunjangan dan fasilitas lainnya.

Jadi, sebelum memutuskan menjadi freelancer, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan melansir dari Entrepreneur

1. Tentukan Tujuan 

Sebelum memulai karier apa pun, Anda harus memiliki tujuan. Ini membantu Anda dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan untuk karier Anda. Sebagai pekerja lepas, Anda harus tetap mempunyai target klien dan berapa banyak target pendapatan dalam durasi tertentu. 

2. Perhitungan pendapatan

Freelancing berarti Anda adalah seorang bos untuk diri sendiri. Dan Anda akan menemukan beberapa keputusan sulit, terutama tentang keuangan Anda. 

Meninggalkan pekerjaan full time Anda berarti Anda meninggalkan penghasilan tetap dan semua keuntungannya. Anda harus pikirkan dengan baik apakah penghasilan freelance  cukup untuk membayar tagihan Anda.

Membuat target pendapatan sejak awal dapat membantu Anda membentuk harga layanan Anda. Namun, Anda harus tahu bahwa tarif Anda harus sebanding dengan layanan Anda, sehingga harga yang dikenakan harus dalam rentang yang sesuai dan wajar.

Selain itu, Anda harus konsisten membangun basis klien, di mana Anda harus terus mencari klien baru dan mempertahankan klien lama. Anda mungkin perlu mulai melakukan cold pitching kepada calon klien dan menggunakan strategi pemasaran lain seperti buletin dan konten buatan pengguna, seperti testimonial dan ulasan, untuk meningkatkan konversi.

3. Tentukan layanan 

Ketidakpastian tentang layanan yang Anda tawarkan dapat menghambat kemajuan bisnis Anda, sehingga penting bagi Anda untuk yakin tentang apa yang Anda tawarkan. 

Anda bisa membangun portofolio agar dapat menarik klien. Lakukan sebanyak mungkin pekerjaan untuk meningkatkan portofolio Anda. Juga, dapatkan ulasan dari klien sebelumnya untuk portofolio Anda. Anda dapat menggunakan alat portofolio untuk mengatur pekerjaan Anda agar mudah diakses.

4. Disiplin

Membangun karir freelance membutuhkan disiplin yang sangat besar. Sebagai pekerja lepas, Anda harus mengambil langkah sadar untuk terus mengikuti proyek Anda. Ada beberapa faktor yang membantu dalam membangun disiplin sebagai pekerja lepas, misalnya dengan menentukan timeline, dan menggunakan aplikasi untuk melakukan tracking terhadap proyek yang dikerjakan. 

5. Promosi

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa publisitas yang tepat. Anda harus memberi tahu orang-orang tentang diri Anda. Dengan begitu, Anda dapat memantapkan diri di industri dan mendapatkan klien. 

Anda dapat mempromosikan layanan mengunakan media sosial atau bahkan dengan memanfaatkan jejaring klien yang telah Anda tangani sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

freelancer freelance Freelancer
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top