Pemeriksaan diabetes/istimewa
Health

Benarkah Obat Diabetes Bisa Turunkan Berat Badan?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 8 Desember 2022 - 11:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini, CEO Tesla Elon Musk mengklaim turun berat badan 13 kilogram dengan konsumsi obat diabetes.

Dalam sebuah posting Twitter, Musk mengaku mengggunakan obat diabetes yang disebut Wegovy Ozempic .

Ozempic dan Wegovy, merupakan obat suntik, diproduksi oleh Novo Nordisk, raksasa farmasi Denmark.

Lantas, apakah obat diabetes bisa membantu seseorang menurunkan berat badan?

Dr Anupam Biswas, Konsultan-Endokrinologi, Rumah Sakit Fortis, Noida, dilansir dari Times of India mengatakan ya!

Menurutnya, beberapa agen antidiabetes dapat menyebabkan penurunan berat badan dengan merangsang rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, memperlambat pelepasan makanan dari perut, meningkatkan rasa kenyang setelah makan, memodulasi mikrobiota usus dan dengan meningkatkan ekskresi glukosa yang menyebabkan hilangnya kalori.

Dr. Manjunath Malige, Konsultan Utama Endokrinologi & Diabetes, Rumah Sakit Aster RV, sependapat, menambahkan bahwa ada dua golongan obat diabetes yang membantu pasien menurunkan berat badan selain memperbaiki kadar gula darah.

Fungsi dasar obat diabetes adalah untuk mengelola diabetes mellitus tipe 2. Namun, Dr. Biswas berbagi bahwa beberapa obat telah disetujui oleh FDA untuk pengobatan Obesitas bahkan tanpa adanya Diabetes, menekankan pada fakta bahwa seseorang harus berkonsultasi dengan Dokter atau Ahli Endokrin yang merawat mereka berdasarkan kondisi komorbid lainnya.

Efek samping obat diabetes

Sementara Dr Biswas berpendapat bahwa obat diabetes relatif aman dalam pengelolaan kondisi kronis dan obesitas, ia mengatakan bahwa beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti gejala gastrointestinal seperti mual. Selain itu, obat ini harus dihindari pada pasien dengan riwayat pankreatitis sebelumnya, kanker tiroid atau seseorang dengan riwayat keluarga kanker tiroid.

Dr. Malige mencatat bahwa obat diabetes dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan infeksi jamur genital. Selain itu, obat-obatan seperti Dulaglutide dan Semaglutide dapat menyebabkan mual dan muntah selama beberapa hari pertama yang akhirnya mereda.

Meskipun obat diabetes dapat membantu mengurangi berat badan dan mengobati obesitas, intervensi gaya hidup seperti mengikuti diet rendah kalori, meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga, serta modifikasi perilaku masih merupakan beberapa cara yang lebih aman untuk menurunkan berat badan, menurut para dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro