Ilustrasi konser
Entertainment

Kaleidoskop 2022: Ketika Konser Musik Kembali Bergaung

Arlina Laras
Senin, 12 Desember 2022 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belasan konser dan festival musik digelar di Indonesia sepanjang tahun 2022. Bahkan, sejak awal tahun 2022 sudah banyak konser musik yang bermunculan, meski masih bersifat intimate concert, yang hanya mengundang sedikit penonton. 

Terlebih, ketika Presiden Jokowi juga telah meringankan aturan penggunaan masker di ruang terbuka, sehingga konser musik besar sudah mulai diizinkan, menjadikan hal ini disambut meriah oleh promotor dan pecinta musik di Indonesia, dengan menghadirkan berbagai musisi-musisi lokal dan internasional yang memiliki basis penggemar besar.

Adapun, gelaran konser pada Desember saat ini sudah diisi oleh berbagai konser musik, sementara yang lain akan menyusul hingga akhir tahun 2022.

Lantas, apa saja konser yang digelar sepanjang tahun 2022 ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Prambanan Jazz Festival

Konser musik kelas atas ini sudah diawali 1-3 Juli lalu di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Adapun, artis-artis ternama turut meramaikan acara, seperti Andien, Diskoria feat Fariz RM, Maliq & D’Essentials, hingga Tulus.

2. The Sounds Project

Setelah vakum beberapa tahun, akhirnya The Sound Project telah digelar pada 27-28 Agustus 2022 di Jakarta. Adapun The Sounds Project 2022 akan dimeriahkan beberapa musisi seperti Feast, Ardhito Pramono, hingga Dewa 19.

3. Pesta Pora

Pesta Pora adalah festival musik yang menghadir penampilan musisi dari berbagai genre. Musik pop, indie, sampai dangdut tumpah ruah disenandungkan pada gelaran ini. Pesta Pora dijadwalkan berlangsung pada 23-25 September 2022 di Kemayoran, Jakarta. Festival musik 3 hari berturut-turut itu akan memiliki 6 pangggung pertunjukan. Sajian musik yang dihadirkan tiap panggung beragam.

4. We The Fest

We The Fest merupakan gelaran konser yang menghadirkan musisi dari dalam dan luar negeri. Acara ini dilangsungkan pada 23-25 September 2022.

5. JISPHORIA

Konser lain yang membuka Oktober 2022 adalah JISPHORIA. Konser tersebut digelar di Jakarta International Stadium, menampilkan bintang K-pop iKON hingga musisi Indonesia ternama seperti JKT48, Lyodra, SMASH, dan Andmesh Kamaleng.

6. Synchronize Festival

Synchronize Festival adalah festival musik lintas genre yang digelar 3 hari dari 7-9 Oktober 2022. Lokasi pelaksanaan di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Tahun ini, tema yang dibawa dalam konser ini yaitu Lokal Lebih Vokal.

Bahkan, Synchronize Festival telah menjadi gelaran konser tersukses sepanjang tahun 2022, karena selama 3 hari, 3 malam, ada sekitar 100 pertunjukkan yang disuguhkan artis-artis Indonesia. Mereka membawakan lagu-lagu dari dekade 70-an, 80-an, 90-an, sampai 2000-an berbagai genre.

7. Berdendang Bergoyang

Berdendang Bergoyang menjadi festival musik lintas genre yang diadakan 28-30 Oktober 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Line-up acara tersebut diramaikan oleh artis-artis ternama Tanah Air. Misalnya Cita Citata, Rhoma Irama & Soneta Group, Elvy Sukaesih, Maliq & D’Essentials, HIVI, Isyana Sarasvati, Coconut Treez, The SIGIT, Teza Sumendra, NDX AKA, Kelompok Penerbang Roket, dan banyak lagi.

8.  Joyland Festival

Joyland Festival 2022 digelar pada 4 sampai 6 November 2022. Diselenggerakan di GBK Softball Stadium Senayan, Jakarta, acara ini berlangsung dengan baik. Selain menampilkan Secret Number dan JKT48 pada hari yang sama, ada sederet aktivitas diluar dari pertunjukan musik seperti, menggambar, Origami, kelas pottery hingga tampilnya Ria Enest dan Susan, tentunya menciptakan variasi yang berbeda.

9. LANY

Konser yang beranggotakan Paul Jason Klein dan Jake Clifford Goss ini bakal tampil pada 9 November 2022 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

10. Soundrenaline 2022

Konser ini berlangsung pada tanggal 26-27 November 2022 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara dengan menghadirkan 18 musisi, mulai dari American Authors, Secondhand Serenade, Barasuara, D’Cinnamons, hingga Isyana Sarasvati.

11. Head In The Clouds (HITC)

Konser ini menghadirkan sederet musisi dari label 88rising, seperti NIKI, Rich Brian, Jackson Wang, dan lain sebagainya, Konser ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 3-4 Desember 2022 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

12. Saranghaeyo Indonesia

Sebagai penggemar K-pop, Saranghaeyo Indonesia telah digelar pada 10 Desember 2022 di Istora Senayan, Jakarta. MCP  juga sukses mengundang artis seperti Super Junior, NCT Dream, dan DAY6.

13. Djakarta Warehouse Project

Konser EDM Djakarta Warehouse Project alias DWP digelar di JIEXPO Kemayoran selama tiga hari, yakni 9-11 Desember 2022. Deretan DJ papan atas akan tampil, di antaranya Yellow Claw, Zedd, Hardwell, hingga Martin Garrix

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro