Infeksi RVS bisa menyerang bayi/vhiblog
Health

Waspada! Bayi Rentan Terinfeksi Virus RSV saat Musim Hujan

Arlina Laras
Jumat, 30 Desember 2022 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Respiratory syncytial virus (RSV) adalah infeksi pernapasan serius yang dapat menyerang orang dari segala usia.

Bahkan, infeksi ini lebih mudah menyebar saat musim dingin, di mana banyak orang yang akan cenderung berada di dalam ruangan sehingga intensitas interaksi menjadi lebih tinggi. 

Orang juga dapat mengirimkan RSV di awal tahun. Misalnya, pada tahun 2022, musim RSV dimulai lebih awal, dengan jumlah kasus yang tinggi pada bulan Oktober.

Tetapi RSV akan menjadi sangat masalah yang serius, bila terjadi pada bayi. Hal itu karena saluran udara bayi belum berkembang dengan baik, sehingga mereka tidak dapat mengeluarkan lendir seperti anak yang lebih besar atau orang dewasa. 

Selain itu, saluran udara mereka lebih kecil, sehingga mereka dapat mengalami penyumbatan saluran napas dengan mudah sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

Pada banyak orang, RSV menyebabkan gejala pilek, seringkali disertai batuk. Pada bayi, RSV dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius yang disebut bronkiolitis. 

Bayi dengan bronkiolitis mengalami mengi bersamaan dengan batuknya.

RSV dapat menyebabkan infeksi parah lainnya, termasuk pneumonia. Dalam beberapa kasus, bayi mungkin perlu menerima perawatan di rumah sakit.

RSV adalah infeksi pernapasan yang umum dan terkadang serius pada bayi. Beberapa gejala termasuk kesulitan bernapas, lesu, batuk, dan masih banyak lagi. 

Melansir dari Healthline, Jumat (30/12/2022) dengan mengenali gejala dan kapan harus mencari bantuan dapat menjaga bayi tetap aman.

Gejala RSV pada bayi

Pada anak yang lebih besar, RSV dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan flu. Namun pada bayi, virus menyebabkan gejala yang lebih parah.

Gejala RSV sering muncul 4 hingga 6 hari setelah terpapar virus. Namun, bayi mungkin mulai mengalami gejala lebih awal atau lebih lambat. Adapun, gejala yang mungkin dimiliki bayi dengan RSV meliputi:

1. Napas menjadi lebih cepat

2. Kesulitan bernapas dan makan

3. Batuk

4. Demam

5. Rewel

6. Lesu 

7. Pilek

8. Bersin

9. Sesak napas sehingga bernafas menggunakan otot dada

10. Mengi atau napas menimbulkan suara

Beberapa bayi lebih mungkin mengalami gejala RSV, termasuk yang lahir prematur atau bayi dengan masalah jantung atau riwayat mengi atau masalah pernapasan.

Meskipun gejalanya ringan, penting untuk menghubungi dokter anak jika Anda mencurigai bayi Anda menderita RSV. Selalu dapatkan perawatan medis darurat jika bayi Anda tampak kesulitan bernapas. Gejala darurat yang harus diwaspadai meliputi:

1. Dehidrasi, termasuk ubun-ubun cekung (titik lunak), popok kering, atau tidak ada produksi air mata saat menangis

2. Kesulitan bernapas, yang dapat mencakup garis tulang rusuk yang terlihat melalui kulit (retraksi) saat bernapas

3. Kuku atau mulut biru, yang merupakan sianosis, indikasi bahwa mereka tidak mendapatkan cukup oksigen dan dalam keadaan tertekan yang parah

4. Demam lebih dari 100 ° F (38 ° C) pada bayi di bawah 3 bulan

5. Demam lebih dari 104 ° F (39 ° C) pada anak-anak dari segala usia

6. Cairan hidung kental yang membuat anak sulit bernapas

RSV vs COVID-19

RSV dan COVID-19 adalah infeksi pernapasan dan memiliki banyak gejala yang serupa. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan demam, batuk, pilek, dan bersin. Sakit perut, muntah, atau diare juga dapat terjadi pada bayi dengan COVID-19.

Apakah RSV menular?

Ketika bayi yang sehat menderita RSV, mereka dapat menularkan infeksi tersebut kepada seseorang selama 3 hingga 8 hari. Usahakan untuk memisahkan anak yang terkena infeksi dari saudara atau anak lain untuk mencegah penularan.

RSV ditularkan melalui kontak langsung dan tidak langsung dengan orang yang memiliki infeksi aktif. Penularan dapat melibatkan menyentuh tangan seseorang setelah bersin atau batuk, dan kemudian menggosok mata atau hidung.

Sering mencuci tangan dengan air sabun hangat setidaknya selama 20 detik per waktu adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko RSV. Penting juga untuk membantu bayi Anda menutupi bersin dan batuk.

Virus juga dapat hidup di permukaan yang keras, seperti tempat tidur bayi atau mainan, selama beberapa jam. 

Jika bayi Anda menderita RSV, bersihkan mainan dan permukaan tempat mereka bermain dan makan secara teratur untuk membantu mengurangi penyebaran kuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro