Tiko (23) pemuda viral yang rawat ibunya di rumah terbengkalai/Youtube Ale Coward
Entertainment

Viral, Ini Alasan Tiko Tak Serahkan Ibunya ke Rumah Sakit Jiwa

Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih
Kamis, 5 Januari 2023 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tiko (23) pemuda asal Cakung, Jakarta Timur menjadi viral di media sosial karena merawat ibunya yang mengidap gangguan jiwa di rumah terbengkalai.

Diketahui, Tiko merawat ibunya selama 11 tahun sejak ia masih kelas 6 SD. Meskipun sudah sering membersihkan rumahnya, namun keterbatasan muncul karena air dan listrik terputus.

Mengutip dari Youtube Ale Coward, Tiko menjelaskan ibunya pernah menjadi penjual makanan. Sayangnya hal itu tak berlangsung lama karena kesehatan mental ibunya kian menurun.

Merawat ibunya di rumah terbengkalai dengan keterbatasan perabot, air dan listrik itu sengaja dilakukan Tiko mengingat kondisi ibunya.

Saat ditanya mengapa ia tak menyerahkan ibunya ke Dinas Sosial (Dinsos) atau Rumah Sakit Jiwa (RSJ), Tiko punya alasan tersendiri.

"Bukannya gamau. Keinginan saya untuk ibu sembuh itu sudah pastilah. Cuman kalau dibawa ke rumah sakit, pasti akan ada perlawanan. Fisik juga," kata Tiko dikutip dari Youtube Ale Coward.

Alasan lainnya yakni ia ingin memantau kondisi ibunya secara langsung. Meskipun ia mengerti bahwa dengan dirawat sendiri, kondisi ibunya tak segera membaik.

"Tapi seenggaknya masih saya liat. Ada beberapa yang menawarkan bantuan untuk dirawat di rumah sakit, saya gamau. Tapi kalau untuk berobat panggilan, berobat jalan yang masih bisa saya pantau, itu ga masalah," lanjutnya.

Kisah Tiko ini akhirnya menjadi viral setelah diungkap oleh Ale pada 13 Desember 2022. memang kerap membuat konten soal rumah kosong dan terbengkalai untuk diulas.

Namun siapa sangka rumah yang dikira kosong itu ternyata dihuni oleh Tiko dan ibunya.

Kini, Ibu Tiko yang mengalami gangguan jiwa akhirnya mendapat perawatan dengan dibantu oleh YouTuber Pratiwi Noviyanthy.

YouTuber ini memang terkenal dengan konten membantu orang dengan gangguan jiwa. Novi pun ikut mengevakuasi ibu Tiko ke rumah sakit jiwa untuk berobat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami