10 Manfaat Tomat untuk Menunjang Kesehatan Tubuh, Apa Saja_ - Pixabay
Health

Simak 10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Baik Untuk Mata

Nuraini
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tomat merupakan sayuran buah yang rasanya enak dan memiliki banyak nutrisi. Manfaat tomat tak hanya untuk mencegah penyakit, akan tetapi juga bisa menunjang kesehatan wajah dan kulit.

Lalu, apa saja manfaat makan tomat? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Tomat

Sama halnya dengan sayuran pada umumnya, tomat juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan keterangan di Hellosehat, kandungan yang ada di dalam tomat, antara lain; air, energi, protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

Selain itu, tomat juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti; kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta-karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Kandungan tomat yang lengkap membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Alodokter dan Hellosehat, berikut ini sejumlah manfaat buah tomat yang baik untuk kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Salah satu manfaat tomat untuk kesehatan yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan kalium dalam tomat. Dengan kandungan tersebut maka efek natrium terhadap tekanan darah bisa dikurangi.

2. Memelihara kesehatan mata

Tomat juga diketahui dapat menjaga kesehatan organ mata. Manfaat tomat untuk mata ini ditunjang oleh kandungan zeaxanthin dan lutein yang merupakan bentuk vitamin A. Vitamin tersebut bisa mencegah kerusakan mata karena faktor usia seperti degenerasi malua. Tak hanya itu, tomat juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan mata karena cahaya biru dari gadget.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat tomat untuk tubuh lainnya yaitu bisa membantu melancarkan pencernaan. Serat yang terdapat dalam tomat berguna untuk mencegah sembelit dan membuat pencernaan bekerja dengan baik.

4. Mencukupi kebutuhan nutrisi ketika sedang diet

Manfaat tomat untuk diet yaitu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi saat sedang diet. Hal tersebut dikarenakan tomat mengandung nutrisi yang beragam seperti karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, kandungan kalori dalam tomat juga rendah sehingga bisa dikonsumsi saat sedang menjalani program diet.

5. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Manfaat tomat bagi kesehatan lainnya yaitu membantu mengontrol dan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Tomat mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

6. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat dari tomat juga diketahui bisa memelihara jantung dan pembuluh darah. Kandungan lutein dan likopen yang ada di dalam tomat bisa menurunkan kolesterol jahat dan meminimalisir risiko penyumbatan pembuluh darah. Hal tersebutlah yang membuat tomat bisa mencegah stroke dan penyakit jantung.

7. Memelihara kesehatan ibu hamil

Tomat juga dipercaya bisa menunjang kesehatan ibu hamil. Manfaat tomat untuk ibu hamil ini karena terdapat kandungan asam folat. Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kandungan nutrisi dalam tomat juga berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Tak hanya itu, tomat juga berguna untuk menjaga kesehatan rahim yang sedang menjalankan program kehamilan atau promil.

8. Memelihara kesehatan kulit

Salah satu manfaat tomat untuk kulit yaitu bisa menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. Tak hanya itu, kombinasi antara pasta tomat dengan minyak zaitun bisa menunjang produksi pro kolagen yang membuat kulit lebih sehat.

Kandungan vitamin C dalam tomat juga bisa membentuk kolagen dan mencegah kerusakan kulit yang mengakibatkan keriput, muncul flek hitam, dan gangguan pada kulit lainnya.

9. Menghilangkan jerawat

Mengkonsumsi tomat secara rutin atau menggunakan masker tomat di wajah diketahui bisa menghilangkan jerawat. Manfaat tomat untuk wajah berjerawat ini ditunjang oleh kandungan antioksidan yang bisa melindungi kulit wajah.

10. Membuat kulit wajah menjadi lebih lembap

Tomat juga diketahui bisa membuat kulit wajah menjadi lebih lembap. Kandungan vitamin dan mineral dalam tomat membuat kulit tetap terhidrasi. Meskipun demikian, manfaat tomat bagi wajah ini masih perlu studi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro