Kandungan dan manfaat wortel
Health

Kandungan dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Nuraini
Rabu, 11 Januari 2023 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wortel merupakan salah satu sayuran dan ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat wortel yang paling terkenal yaitu untuk kesehatan mata karena wortel mengandung banyak vitamin A. 

Selain memiliki manfaat untuk mata ternyata wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lainnya. Simak penjelasan lengkap seputar kandungan dan manfaat wortel untuk kesehatan berikut ini. 

Kandungan Wortel

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat dari wortel, tak ada salahnya mengetahui kandungan nutrisi dalam sayur wortel. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh wortel yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Besi
  • Energi
  • Lemak
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Tembaga
  • Natrium
  • Zinc
  • Kalium

Selain beberapa kandungan di atas wortel juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh diantaranya ada beta karoten, lutein, polyacetylenes, lycopene dan antosianin.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang melimpah, membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

1. Melembabkan kulit

Wortel memiliki manfaat untuk kulit kering yaitu untuk melembabkannya. Kandungan kalium yang tinggi pada wortel mampu mengatasi masalah kulit kering yang disebabkan karena kurangnya kalium. 

2. Mencerahkan kulit

Manfaat wortel untuk kulit berikutnya yaitu dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam wortel sangat berperan penting untuk mencerahkan kulit kusam.

3. Mencegah penuaan dini

Wortel juga bermanfaat untuk dapat mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C vitamin dan A akan menghambat proses penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan dalam wortel juga mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

4. Mencegah kanker

Salah satu manfaat makan wortel diketahui bisa mencegah kanker. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung antioksidan. Sebuah penelitian pada The American Journal of Clinical Nutrition, menyebutkan bahwa antioksidan bisa melindungi sel dari risiko kanker darah.  

5. Mengatasi cacingan

Wortel memiliki manfaat untuk mengatasi cacingan karena kandungan seratnya yang tinggi. Manfaat wortel untuk anak ini ternyata bisa menjadi solusi untuk bisa meningkatkan kesehatan pada pencernaan anak.

Konsumsi wortel sebanyak dua kali sehari juga dapat mendorong cacing parasit yang ada di usus untuk keluar dari usus. 

6. Menjaga kadar gula darah

Manfaat dari wortel yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Wortel menjadi sayuran yang sangat baik dikonsumsi untuk dapat menjaga kadar gula di dalam darah agar tetap stabil.

Gula darah yang tidak terkontrol ini bisa menyebabkan komplikasi pada pasien diabetes. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dengan rutin mengkonsumsi wortel 

7. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat wortel untuk wanita dan pria lainnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Sayuran seperti wortel ini ternyata bisa digunakan untuk membantu dalam menurunkan berat badan. 

Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi tetapi kalori yang rendah. Dengan demikian, wortel bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan cocok dikonsumsi saat sedang diet. 

8. Meningkatan kinerja sperma

Salah satu manfaat wortel untuk pria yaitu dapat membantu untuk menjadikan sperma lebih kuat. Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki warna orange dan bisa membantu untuk meningkatkan kinerja sperma. 

Konsumsi wortel dengan diimbangi oleh pola hidup sehat bisa membuat hasil yang lebih maksimal pada pria. Wortel juga bisa membantu untuk memudahkan sperma berenang ke sel telur. 

9. Menjaga kesehatan mata

Berdasarkan penjelasan di Healthline, kandungan antioksidan dalam wortel bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas. Manfaat wortel untuk mata juga ditunjang oleh kandungan nutrisi lain dalam wortel, salah satunya vitamin A. 

Itulah beberapa informasi tentang manfaat wortel bagi tubuh. Melihat banyaknya manfaat yang ada dalam sayur ini, maka tak ada salahnya untuk menambahkan wortel dalam menu makanan harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro