Wortel
Health

Apakah Vitamin A dari Wortel Cukup untuk Anda?

Intan Riskina Ichsan
Senin, 1 Agustus 2022 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tahukah Anda bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan? Nutrisi yang larut dalam lemak ini mendukung kesehatan mata dan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan ulkus kornea dan akhirnya kehilangan penglihatan. Wortel menyediakan sejumlah besar vitamin A, namun apakah cukup?

Diet rendah vitamin A dapat mempengaruhi kulit dan jaringan lain, mengurangi fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko infeksi, dikutip dari Health Diggest. Terlebih lagi, tingkat rendah senyawa ini dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kekurangan vitamin A jarang terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi, tetapi dapat terjadi pada orang dengan peradangan usus, kondisi hati, atau masalah yang mempengaruhi pankreas.

Idealnya, Anda harus mendapatkan setidaknya 900 mikrogram vitamin A per hari jika Anda seorang pria, atau 700 mikrogram per hari jika Anda seorang wanita. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 770 mikrogram sehari, sementara mereka yang menyusui harus mengonsumsi 1.300 mikrogram vitamin A setiap hari.

Nutrisi ini terkandung secara alami di hati sapi, mangga, wortel, sayuran hijau, pistachio, dan makanan lainnya. Wortel menyediakan sejumlah besar vitamin A dan cocok dengan sebagian besar diet yang dapat menjadi tambahan yang sehat untuk smoothie, sup, salad, kue, atau pai.

Alasan Anda Harus Makan Lebih Banyak Wortel

Anda pasti pernah mendengar bahwa wortel dapat meningkatkan penglihatan, tetapi sayangnya itu hanya mitos. Namun, sayuran ini mengandung vitamin A dosis besar dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan mata.

Vitamin A akan membantu menjaga penglihatan Anda tetap sehat, namun tidak akan meningkatkan penglihatan Anda. Secangkir wortel cincang mengandung hampir 120% asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

Anda juga akan mendapatkan 3,6 gram serat, dosis vitamin E, vitamin K, dan potasium. Lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan paling melimpah dalam wortel, dapat membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan faktor risiko kebutaan.

Secara keseluruhan, Anda bisa mendapatkan cukup vitamin A dari wortel, tetapi Anda masih tetap membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Sayuran akar ini dapat meningkatkan status gizi Anda dan mencegah kekurangan vitamin A, penyebab utama kebutaan.

Wortel dapat membantu orang merasa lebih kenyang, menurut penelitian sebelumnya yang dimuat dalam British Journal of Nutrition. Wortel penuh dengan karotenoid dan antioksidan lain yang meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro