Cara Mengatasi Perut Kembung pada Orang Dewasa dan Bayi (pexels)
Health

Simak Cara Mengatasi Perut Kembung pada Orang Dewasa dan Bayi

Nuraini
Senin, 16 Januari 2023 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut kembung adalah sebuah keadaan saat di dalam perut terjadi penumpukan gas. Kondisi ini membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Tapi tak perlu risau, karena ternyata ada beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Obat

Ciri ciri perut kembung yaitu perut terlihat dan terasa sangat penuh. Selain itu, seseorang yang mengalami perut kembung akan sering sendawa dan buang gas.

Penyebab [perut kembung bisa karena pencernaan makanan yang kurang lancar. Kondisi tersebut menyebabkan penumpukan gas di perut dan membuat perut terasa kembung.

Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa cara menghilangkan perut kembung secara alami.

1. Menghindari makanan yang penyebab perut kembung

Beberapa makanan yang diketahui bisa meningkatkan gas, antara lain; kacang polong, kubis, brokoli, asparagus, bawang, susu dan produk susu, kentang, dan lain sebagainya. Untuk mencegah perut kembung, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

2. Menjaga pola makan

Cara menghilangkan perut kembung lainnya yaitu dengan menjaga pola makan. Mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak diketahui bisa menyebabkan perut kembung. Meskipun demikian, ada juga makanan tinggi karbohidrat seperti pisang dan nasi yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan perut kembung.

3. Makan dengan porsi sedikit namun sering

Cara mengatasi perut kembung terus menerus yaitu dengan makan dengan prosi sedikit namun sering. Makan lima hingga enam kali sehari dengan porsi kecil diketahui lebih mudah dicerna dibandingkan makan tiga porsi besar.

4. Minum banyak air

Mengkonsumsi air dalam jumlah banyak diketahui bisa menghilangkan perut kembung. Selain itu, minum banyak air bisa menghidrasi tubuh dan menghindari sembelit yang dapat memicu gas.

5. Rutin berolahraga

Cara mengatasi perut kembung berikutnya yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan fisik bisa membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan mencegah perut kembung.

6. Mengkonsumsi probiotik

Probiotik diketahui bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi perut kembung. Bakteri probiotik bisa ditemukan pada makanan fermentasi seperti yogurt.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung juga bisa dialami oleh bayi. Penyebab perut kembung pada bayi yaitu karena menelan udara ketika minum air susu ibu, meneran udara ketika menangis, konsumsi makanan sumber gas, dan lain sebagainya.

Kondisi perut kembung bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi? Dilansir dari Primaya Hospital, berikut ini beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak dan bayi.

1. Menempatkan bayi pada posisi yang benar saat memberikan ASI.

2. Memberikan susu dengan botol yang ukurannya lubang dotnya pas.

3. Setelah minum susu, sendawakan bayi dengan cara gendong bayi pada posisi tegak dan tepuk punggung bayi dengan lembut.

4. Jangan memberikan makanan atau minuman selain ASI atau susu formula sebelum bayi berumur 6 bulan.

5. Usap lembut punggung bayi searah jarum jam sembari mengoleskan minyak telon.

6. Pijat bayi pada posisi tengkurap di atas kedua paha dengan lembut dan hati-hati.

7. Berikan susu atau ASI sebelum bayi terlalu lapar.

8. Tidak memberikan makanan mengandung gas pada anak-anak.

Itulah sejumlah cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat pada orang dewasa maupun bayi. Untuk mencegah masalah pencernaan tersebut, sebaiknya lakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengatur pola makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro