Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan dan Cara Menggunakannya

Cuka apel ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat cuka apel untuk menunjang kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  20:20 WIB
Simak Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan dan Cara Menggunakannya
Ragam Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cuka apel bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh dan wajah. Cuka apel identik dengan skincare yang dipercaya bisa mengobati jerawat. Lantas, apa saja manfaat cuka apel? Simak selengkapnya berikut ini. 

Kandungan Cuka Apel

Cuka apel memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, dalam 100 mililiter (ml) cuka apel terdapat kandungan nutrisi, sebagai berikut. 

  • Fosfor (8 miligram)
  • Energi (21 kkal)
  • Gula total (0,4 gram)
  • Kalsium (7 miligram)
  • Magnesium (5 miligram)
  • Kalium (73 miligram)
  • Natrium (5 miligram)
  • Karbohidrat (0,93 gram)
  • Zat besi (0,2 miligram)

Selain kandungan tersebut, dalam sebuah studi juga menyebutkan bahwa cuka apel mengandung asam asetat, flavonoid, polifenol, pektin, alkaloid, dan antioksidan yang berperan sebagai antimikroba dan anti inflamasi. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Kandungan cuka apel memberikan manfaat baik bagi tubuh. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan. 

1. Mengobati penyakit eksim

Manfaat cuka apel untuk kulit dapat mengobati penyakit eksim. Pengobatannya dengan cara berendam ataupun mandi dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan 1 – 2 cangkir cuka apel. Namun, menggunakan cuka apel untuk mengobati penyakit eksim perlu dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk menghindari risiko alergi dan iritasi. 

2. Mengatasi diare

Sebuah penelitian dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa fungsi cuka apel dapat melawan bakteri E. Coli penyebab penyakit diare. Selain itu, kandungan pektin dalam cuka apel juga dapat memadatkan feses sehingga bermanfaat untuk mengatasi diare.

3. Menurunkan asam urat

Kegunaan cuka apel dapat membantu menjaga keseimbangan pH, mengurangi risiko asam urat, dan mengatasi peradangan akibat asam urat. Manfaat cuka apel untuk asam urat ini diperoleh dari kandungan kalium, asam asetat, dan peranan anti inflamasi.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Berdasarkan penelitian, manfaat cuka apel untuk kesehatan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Apabila sensitivitas insulin tinggi, maka sel tubuh dapat memanfaatkan gula darah dengan baik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur dapat menurunkan kadar gula darah. 

5. Mengobati jerawat

Kegunaan cuka apel selanjutnya baik untuk melawan jerawat. Manfaat cuka apel untuk wajah dapat diperoleh dari kandungan cuka apel yang bersifat sebagai anti bakteri, anti  jamur, dan anti virus yang berperan dalam membantu pengelupasan kulit mati.

6. Memutihkan gigi

Khasiat cuka apel untuk kesehatan gigi. Berkumur ataupun menyikat gigi dengan 6 ons air yang sudah dilarutkan bersama dengan 2 sdt cuka apel dapat memutihkan gigi. Namun, kan cara ini tidak boleh dilakukan terlalu sering agar email gigi tidak rusak. 

7. Menurunkan berat badan

Cuka apel diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat cuka apel untuk diet ini juga diterangkan oleh Debbie Davis RD dalam WebMD. Sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. 

Cara Menggunakan Cuka Apel Untuk Wajah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cuka apel memiliki banyak manfaat untuk wajah. Cara menggunakan cuka apel untuk wajah tidak boleh diaplikasikan secara langsung agar masalah kulit tidak semakin parah. 

Kadar pH yang sangat tinggi membuat cuka apel tidak boleh diaplikasikan sembarangan oleh orang dengan kulit wajah sensitif. Sebaiknya, penggunaan cuka apel untuk wajah hanya boleh dilakukan dengan mengusapkan tipis-tipis di kulit belakang telinga atau punggung tangan.

Apabila setelah 1 – 2 jam kulit menjadi merah akibat iritasi, hentikan penggunaan cuka apel pada wajah. Apabila tidak muncul efek yang mengkhawatirkan, cuka apel boleh digunakan untuk wajah. Cuka apel dapat digunakan dengan cara melarutkan terlebih dahulu cuka apel dengan sedikit air. Kemudian, usapkan secara merata ke kulit wajah dengan menggunakan kapas bersih. 

Cara Membuat Cuka Apel

Cuka apel bisa dengan mudah dibeli di pasar. Meskipun demikian, cuka apel juga bisa dibuat di rumah. Cara membuat cuka apel di rumah, seperti berikut:

  • Sebanyak 2 cangkir apel potong dimasukkan ke dalam toples kaca.
  • Tambahkan air dan madu atau gula.
  • Aduk hingga merata.
  • Tutup dengan kain dan diikat kuat.
  • Diamkan di tempat yang gelap dan sesekali aduk secara rutin dengan posisi apel terendam air agar terhindar dari jamur.
  • Setelah 3 – 4 minggu, potongan apel dibuang dan diamkan air rendamannya selama 3 – 4 minggu.
  • Cuka apel siap digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cuka Apel Manfaat kesehatan tips sehat kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top