Manfaat Yogurt untuk Kesehatan dan Kecantikan, Apa Saja_ - Pixabay
Health

Manfaat Yogurt untuk Kesehatan dan Kecantikan, Apa Saja?

Nuraini
Kamis, 26 Januari 2023 - 17:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Sama halnya dengan olahan susu lainnya, yogurt juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Penasaran, apa saja manfaat yogurt untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini. 

Kandungan Yogurt

Yogurt memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Yogurt dikenal sebagai produk olahan susu yang memiliki kandungan prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Menurut keterangan di Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram yogurt diketahui mengandung nutrisi, seperti: air, energi, protein, lemak, karbohidrat, dan abu. 

Tak hanya itu, yogurt juga kaya akan mineral dan vitamin, diantaranya: kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin A, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, dan niasin. 

Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat yogurt menjadi salah satu minuman yang menyehatkan. Berikut ini beberapa manfaat yogurt untuk tubuh yang sayang untuk dilewatkan. 

1. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat yogurt untuk wanita dan pria yang pertama yaitu bisa membantu menjaga imun tubuh. Kandungan probiotik pada yogurt diketahui sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan serta membantu untuk melawan infeksi. Selain itu, yogurt juga mengandung mineral seperti magnesium, zinc, serta selenium yang memiliki peran baik dalam menjaga imun tubuh. 

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Yogurt juga dipercaya bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat yogurt untuk pencernaan ini ditunjang oleh kandungan probiotik yang membantu untuk melancarkan buang air besar. Selain itu yogurt, juga bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti contohnya sembelit dan diare. 

3. Mengontrol berat badan

Manfaat yogurt untuk diet ini ternyata juga bisa membantu dalam mengontrol berat badan. Yogurt menjadi salah satu camilan diet yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti protein probiotik dan kalsium yang bisa untuk membantu memproduksi GLP 1 serta peptide. 

Yoghurt ini bisa membantu anda untuk lebih cepat kenyang sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan berlebihan. Hal inilah yang membuat yoghurt memiliki manfaat dalam mengontrol berat badan. 

4. Mendukung tumbuh kembang anak

Manfaat yogurt selanjutnya yaitu bisa mendukung tumbuh kembang anak. Manfaat yogurt untuk anak bisa membantu dalam mendukung proses tumbuh kembangnya. Kandungan protein berperan dalam proses pertumbuhan anak karena protein menjadi komponen yang penting dari setiap sel yang ada pada tubuh manusia.

Protein dapat membentuk tulang dan juga otot, membantu sebagai sumber energi, serta memperbaiki jaringan tubuh. Yogurt juga mengandung karbohidrat lemak mineral dan aneka vitamin yang sangat penting untuk bisa mendukung pertumbuhan anak. 

5. Baik untuk pembentukan gigi dan tulang

Manfaat selanjutnya dari yoghurt yaitu baik untuk pembentukan gigi dan juga tulang. Yogurt juga direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan kalsium yang tinggi diketahui baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. 

6. Mengurangi gejala refluks asam lambung

Salah satu manfaat yogurt untuk lambung yaitu bisa mengurangi gejala refluks asam dan mengurangi mual. Sebuah penelitian dalam Scandinavian Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa manfaat tersebut diperoleh dari bakteri baik yang terdapat dalam yogurt. 

7. Mencegah komplikasi pada ibu hamil

Selain bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak, ternyata ada juga manfaat yogurt untuk ibu hamil. Salah satunya bisa mencegah komplikasi saat hamil. 

Yogurt dipercaya bisa mencegah penyakit seperti preeklamsia dan diabetes gestasional yang bisa dialami oleh ibu hamil. 

Manfaat Yogurt untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, yogurt juga diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan. Berikut ini manfaat yoghurt untuk wajah yang perlu diketahui.

1. Membuat kulit lebih sehat

Yogurt ternyata baik untuk wajah dan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki masalah seperti bekas jerawat dan tanda penuaan, Anda bisa menggunakan masker yogurt untuk menghilangkan masalah tersebut. 

2. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat yogurt untuk wajah selanjutnya yaitu bisa membantu untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan lactic acid yang ada di dalam yoghurt juga mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah. 

Nah, itulah sejumlah manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh dan wajah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda perlu menyeimbangi konsumsi yogurt dengan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga, istirahat cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro