7 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh, Cocok untuk Diet (pexels)
Health

Simak 7 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet

Nuraini
Jumat, 10 Februari 2023 - 21:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ternyata manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam.

Labu siam merupakan sayuran yang banyak ditemukan di pasaran dan bisa diolah menjadi beberapa cara seperti ditumis, direbus, dan lain sebagainya.

Lalu, apa saja manfaat dari sayur labu siam? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Labu Siam

Menurut penjelasan di Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram labu siam terdapat berbagai kandungan nutrisi, seperti berikut.

  • 92,3 g air
  • 30 kal energi
  • 0.1 g lemak
  • 6.2 g serat
  • 6.7 g karbohidrat
  • 0.3 g abu
  • 1.0 mg seng
  • 167.1 mg kalium
  • 0.16 mg tembaga
  • 3 mg natrium
  • 0.5 mg besi
  • 25 mg fosfor
  • 14 mg kalsium
  • 18 mg vitamin c
  • 0.6 mg niacin
  • 48 mcg beta karoten

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Nutrisi tersebut membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh.

1. Dapat mengendalikan kadar kolesterol

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang tidak memiliki kandungan kolesterol. Sehingga sayuran ini dapat dijadikan sebagai olahan makanan yang baik bagi penderita kolesterol. 

Labu siam dapat menjadi makanan yang sangat baik untuk penderita kolesterol karena bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Meskipun begitu labu siam tidak bisa digunakan sebagai sayuran pengganti obat kolesterol.

2. Mengendalikan berat badan

Selain bisa menjaga kolesterol tetap normal, sayuran ini juga sangat baik untuk diet. Sayuran ini diketahui tidak mengandung kolesterol serta lemak jenuh. Oleh karena itulah sayuran ini sering direkomendasikan untuk mereka yang sedang dalam program mengurangi berat badan.

3. Baik untuk wanita hamil

Manfaat labu siam selanjutnya yaitu dapat menunjang kesehatan ibu hamil. Labu siam ini memiliki kandungan folat yang sangat bagus untuk pemenuhan kebutuhan zat gizi pada masa kehamilan. 

Folat sangat berperan penting dalam pembentukan sel serta DNA pada janin. Kekurangan folat pada saat masa kehamilan ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi seperti cacat lahir, masalah jantung, dan lain sebagainya.

4. Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat labu siam bagi kesehatan selanjutnya yaitu bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah. Labu siam memiliki sifat diuretik yang ringan. Kandungan senyawa pada labu siam ini bisa membantu untuk memperlebar pembuluh darah. Hal ini membuat labu siam mampu meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah pada pasien darah tinggi.

5. Menangkal radikal bebas

Labu siam menjadi salah satu sayuran dengan sumber vitamin C yang tinggi sehingga bisa bersifat sebagai antioksidan. Perlu diketahui bahwa antioksidan adalah salah satu zat yang bisa membantu untuk mencegah kerusakan yang disebabkan karena radikal. Apabila sel rusak maka anda bisa terkena penyakit kronis.

6. Membantu mengatasi anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi atau kekurangan hemoglobin. Ternyata labu menjadi salah satu sayuran yang memiliki zat besi tinggi sehingga bisa membantu untuk mengatasi anemia.

7. Merawat organ hati

Manfaat dari labu siam berikutnya yaitu bisa membantu untuk merawat organ hati. Sayuran ini berpotensi untuk mencegah serta menyembuhkan lemak hati yang bisa menjadi penyebab dari penyakit liver yaitu seperti penyakit hepatitis, kanker liver, dan sirosis.

Efek Samping Labu Siam

Meskipun memiliki berbagai manfaat labu siam juga ternyata menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh seperti alergi makanan dan mempengaruhi kinerja obat. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi labu siang dalam jumlah sewajarnya saya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro