10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Mudah (pexels)
Fashion

Ini 10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

Nuraini
Senin, 13 Februari 2023 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit wajah cerah menjadi impian banyak orang, khususnya perempuan. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara memutihkan kulit.  Lantas, bagaimana cara memutihkan kulit secara alami? Berikut ini penjelasannya.  

Bagaimana Cara Memutihkan Kulit Secara Alami?

Banyak upaya dilakukan untuk mendapatkan kulit putih, seperti melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan ataupun melakukan perawatan secara mandiri menggunakan bahan-bahan alami. 

Biaya yang dihabiskan untuk melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan tergolong mahal. Sedangkan dengan menggunakan cara-cara alami, Anda dapat menghemat pengeluaran. Melansir dari situs Siloam Hospitals dan beberapa sumber lainnya, berikut sejumlah cara agar kulit putih secara alami. 

1. Rajin membersihkan wajah

Cara memutihkan kulit yang aman yaitu dengan cara membersihkan wajah secara rutin, setidaknya setiap pagi dan malam hari. Rutin membersihkan wajah dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit yang dapat menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. 

2. Eksfoliasi wajah

Cara agar kulit putih bisa dengan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi adalah perawatan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit. 

Kulit wajah bisa beregenerasi secara alami, namun akan jauh lebih maksimal jika dibantu dengan eksfoliasi. Cara ini bisa dilakukan di rumah secara mandiri ataupun dengan mengunjungi tempat perawatan wajah. 

3. Menggunakan tabir surya

Ketika di luar ruangan, kulit akan terpapar sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit tampak gelap. 

Penggunaan tabir surya dapat membantu mencerahkan wajah secara alami. Disarankan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 agar kulit terhindar dari paparan sinar ultraviolet. 

4. Menggunakan masker wajah

Penggunaan masker berbahan alami menjadi salah satu cara agar kulit putih. Beberapa bahan alami masker antara lain lemon, kopi, madu, teh hijau, mentimun, dan minyak zaitun. 

Kandungan nutrisi dari bahan alami, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Cara yang satu ini harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Tidur cukup

Tidur dapat memperlancar peredaran darah ke kulit sehingga wajah tampak lebih cerah. Ketika begadang, aliran darah di area wajah menjadi sedikit dan dapat menyebabkan wajah kusam dan berjerawat. Untuk itu, cara agar kulit putih bisa dengan menerapkan pola tidur cukup selama 7 jam setiap harinya. 

6. Rutin olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga mencerahkan kulit. Ketika olahraga, kerja jantung akan meningkat sehingga dapat membantu mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Dengan demikian, kulit menjadi lebih sehat dan cerah. 

7. Kendalikan stress

Stress memicu peningkatan hormon kortisol. Kondisi ini dapat memengaruhi produksi minyak di kulit sehingga jerawat mudah muncul. Maka dari itu, penting untuk mengendalikan stress dengan melakukan kegiatan yang membahagiakan, seperti menonton film, berbelanja, dan makan enak. 

8. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara memutihkan kulit selanjutnya bisa dengan mencukupi cairan tubuh. Tercukupinya cairan tubuh dapat menghidrasi kulit sehingga kelembaban kulit terjaga. 

Sebuah penelitian dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa konsumsi air putih setiap hari selama empat minggu dapat meningkatkan kecerahan dan kekenyalan kulit. 

9. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Cara memutihkan kulit yang aman juga bisa dengan menjaga asupan gizi sehat. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C cukup efektif mencerahkan kulit. Hal ini karena peran vitamin C dalam mengurangi masalah keriput, meningkatkan produksi kolagen, menunda penuaan dini, dan mencegah kerusakan kulit. 

10. Menghindari rokok

Rokok dapat menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh. Tidak hanya itu, merokok juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Biasanya orang dengan kebiasaan merokok cenderung memiliki kulit kusam dan tidak sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro