10 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengolahnya (freepik)
Health

Ini 10 Manfaat Kulit Manggis bagi Tubuh dan Cara Mengolahnya

Nuraini
Jumat, 10 Februari 2023 - 21:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manggis merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selain daging buahnya, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat. Lalu, apa saja manfaat kulit manggis? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Farmasi Udayana, kandungan kulit manggis antara lain flavonoid, saponin, alkaloid, triterpenoid, tanin, dan polifenol. Kandungan antioksidan dalam kulit manggis cukup tinggi sehingga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Inilah 10 manfaat kulit manggis yang perlu diketahui.  

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat mampu meningkatkan risiko penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya. Khasiat kulit manggis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga risiko penyakit tersebut berkurang.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan selanjutnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kulit manggis dapat mengatasi gejala peradangan alhasil daya tahan tubuh meningkat. 

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Khasiat kulit manggis ini diperoleh dari kandungan xanthone di dalamnya. Xanthone juga dapat menekan pertumbuhan sel abnormal kanker menjadi lebih ganas.

4. Mengatasi peradangan

Xanthone juga mampu mengatasi peradangan yang dipicu oleh radang sendi. Penyakit tersebut menyebabkan sendi sulit untuk digerakkan sehingga dapat mengganggu aktivitas harian.

5. Menurunkan kadar gula darah

Kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah. Apabila kadar gula terkontrol, maka risiko penyakit kardiovaskuler, gangguan seksual, dan penurunan fungsi kognitif dapat berkurang. 

6. Meremajakan kulit

Manfaat kulit manggis untuk wanita maupun pria berikutnya yakni mampu meremajakan kulit. Kulit tanpa garis halus dan keriput adalah dambaan setiap wanita. Kulit manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi kulit mati berkat kandungan antioksidan di dalamnya sehingga kulit tampak jauh lebih muda. 

7. Mengatasi alergi

Gejala alergi yang biasanya muncul adalah gatal dan ruam merah pada kulit. Salah satu khasiat kulit manggis dapat mengatasi gejala tersebut. Hal ini karena kulit manggis bersifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi gejala alergi yang terjadi. 

8. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan permasalahan hampir semua orang, utamanya bagi wanita. Nah, salah satu manfaat kulit manggis untuk wanita mampu untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya mampu meredakan peradangan pada jerawat dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat muncul kembali. 

9. Menurunkan berat badan

Manfaat kulit manggis berikutnya yaitu menurunkan berat badan sehingga baik dikonsumsi saat diet. Hal ini karena kandungan di dalamnya yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan nafsu makan. 

10. Mengatasi masalah pencernaan

Beberapa masalah pencernaan antara lain diare infeksi perut, hingga kanker usus. Khasiat kulit manggis yang terakhir mampu mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini karena kulit manggis mampu melancarkan pencernaan sehingga menurunkan risiko penyakit pada pencernaan.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Manfaat manggis untuk kesehatan bisa diperoleh jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Berikut ini langkah-langkah untuk mengolah kulit manggis yang benar. 

  1. Bersihkan kulit manggis di air mengalir.
  2. Potong kulit manggis menjadi bagian-bagian kecil agar mudah untuk diolah.
  3. Kukus kulit manggis selama 3 – 5 menit untuk menghilangkan getah di kulit.
  4. Haluskan kulit manggis dengan cara diblender bersama dengan air 5. 
  5. Rebus hingga matang dan tambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Jika ingin menambahkan gula, sebaiknya menggunakan gula kelapa dan gula merah. 

Itulah penjelasan seputar manfaat manggis dan cara mengolahnya. Selain mengolah sendiri, Anda juga bisa membeli suplemen ekstrak kulit manggis yang sudah banyak dijual. Meskipun demikian, konsumsi kulit manggis tetap harus dibatasi agar tidak menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro