7 Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami (freepik)
Fashion

Simak 7 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Bahan Alami dan Cepat

Nuraini
Senin, 13 Februari 2023 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Komedo menjadi salah satu masalah pada kulit wajah. Secara umum, kemunculan komedo disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Jika dibiarkan, komedo bisa menyebabkan jerawat dan peradangan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan komedo di wajah. 

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Komedo yang sering muncul di wajah ternyata ada dua jenis, yakni komedo hitam dan putih. Keduanya bisa mengganggu kesehatan kulit wajah dan berpotensi menyebabkan jerawat. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo dengan cepat tanpa menggunakan bahan kimia. 

1. Lidah buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang dapat memelihara kesehatan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yaitu bisa membantu mengatasi komedo yang membandel. 

Lidah buaya diketahui mengandung anti bakteri dan anti radang yang bisa mencegah dan mengurangi jerawat. Dalam Journal of Dermatological Treatment menyebutkan bahwa jerawat ringan hingga sedang bisa diatasi menggunakan lidah buaya.

2. Tea tree oil

Selain lidah buaya, cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat juga bisa menggunakan tea tree oil. Minyak alami ini diketahui memiliki senyawa anti mikroba yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu, minyak ini juga memiliki senyawa anti radang yang bisa mengurangi bengkak hingga kemerahan pada wajah akibat jerawat. 

3. Madu

Cara menghilangkan komedo hitam atau putih juga bisa menggunakan madu. Kandungan antioksidan dalam madu diketahui bisa membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. 

Anda dapat mengoleskan madu pada wajah. Tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

4. Lemon

Buah lemon juga ternyata bisa membantu menghilangkan komedo. Lemon mengandung vitamin C yang bisa melembabkan kulit. 

Saat kulit lembap, maka sel kulit mati akan lebih mudah hilang. Tentu saja hal ini dapat membantu mengurangi komedo. 

Cara menghilangkan komedo putih atau hitam menggunakan lemon bisa dengan mencampurkan air lemon sebanyak 1 sendok teh dalam 1/2 sendok makan madu.

Setelah terbentuk pasta, oleskan pada wajah. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air. 

Cara tersebut bisa dilakukan setiap hari untuk dapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa cara tersebut bisa menimbulkan rasa perih, terutama pada luka.

5. Kopi

Kopi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. Kopi diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengatasi komedo.

Kandungan tersebut dapat mencegah bakteri masuk ke pori-pori kulit. Tak hanya itu, tekstur kopi yang kasar juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Penggunaan kopi sebagai bahan eksfoliasi bisa membuat kulit lebih halus. 

6. Putih telur

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung juga bisa menggunakan putih telur. Kandungan protein dalam putih telur bisa menyerap minyak berlebih, membuat kulit lebih kencang, hingga menyamarkan pori-pori. Kondisi tersebut ternyata dapat mencegah komedo di wajah. 

7. Tomat

Cara alami menghilangkan komedo juga bisa dengan menggunakan tomat. Kandungan vitamin A dan C dalam tomat diketahui bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan memelihara kesehatan kulit. 

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membantu mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, hingga menyerap keringat. 

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo di wajah menggunakan bahan alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan perawatan tersebut secara rutin. Akan tetapi, jika terjadi iritasi atau masalah lainnya setelah perawatan menggunakan bahan alami tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kulit pada dokter profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro