Kunyit. /Litbang Kemendagri
Health

Beragam Khasiat Kunyit yang Manjur untuk Kesehatan

Elsa Hayati Sukma
Kamis, 16 Februari 2023 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Kunyit merupakan salah satu bahan herbal yang sudah dikenal luas khasiatnya untuk kesehatan.

Mulai dari imunitas tubuh, hingga mencegah beragam penyakit banyak digunakan dari tumbuhan berwarna kuning ke-orangean itu.

Salah satu khasiat kunyit yang baik untuk kesehatan karena didalam nya terdapat senyawa Kurkumin yang mempunyai sifat antioksidan, dan antiperadangan yang dapat mengatur fungsi kekebalan tubuh.

“Kunyit dikenal sebagai Golden Spices karena kunyit ini banyak kegunaan nya salah satunya sebagai bumbu utama dalam pembuatan kari. Di dalamnya terdapat senyawa paling aktif yaitu Kurkumin yang berjumlah 1,15% bahan kimia yang terkandung dalam Kurkumin ini sering digunakan untuk pewarna makanan, kosmetik dan obat tradisional.” ungkap Dr. Rimbawan dalam nutrition talk herbalife, Kamis 16 Februari 2023.

Dia memaparkan kunyit atau turmeric mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai healing agent, anti-inflamantory, anti-oxidant, anti-proliferative, anti-atherosclorosis, anti-arthirtis.

Berikut beragam manfaat yang terdapat dalam kunyit

1. Mengurangi resiko kanker

Mengandung kurkumin di dalamnya, kunyit dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker seperti kanker kolorektal, kanker pankreas, kanker payudara, kanker prostat dan leukimia.

2. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus kronis dapat mempengaruhi lapisan saluran pencernaan yang dapat menyebabkan nyeri perut, diare, anemia, turun berat badan. Berdasarkan uji klinis kunyit dapat membantu penyait radang pada usus karena di dalamnya terdapat kukumin.

3. Peradangan Sendi

Gangguan pada peradangan sendi termasuk kedalam salah satu sistem kekebalan tubuh dalam hal ini kunyit mengandung kukumin yang terdapat kandungan anti-inflamansi yang dapat membantu pada peradangan sendi.

4. Obesitas

Peran kukumin pada obesitas ini dengan dosis 1gram perhari dalam satu bulan yang dapat menurunkan biomarker yang dapat menurunkan adanya penumpukan lemak dalam tubuh.

5. Diabetes

Diabetes merupakan kondisi gula darah tinggi. Peran kukumin dalam diabetes ini dapat menurunkan gula darah yang tinggi dengan mengkonsumsi sebanyak 1.5 gram per hari dalam 9 bulan.

6. Sindrom Metabolik

Sindrom ini mencakup darah tinggi, pinggang dan kadar kolestrol serta meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk itu peran kukumin dalam penyakit ini dapat membantu mengembalikan sistem metabolic tubuh dengan mengonsumsi sebanyak 1.89 gram per hari selama 3 bulan.

“Kurkumin ini dapat menurunkan ROS (Radikal Oksigen Spesies) senyawa- senyawa yang radikal di dalam tubuh kita. Fungsi dari kurkumin ini menekan senyawa senyawa tadi dan kemudian meningkatkan fungsi yang positif tadi sehingga stress dalam tubuh - tubuh kita bisa ditekan dan itu merupakan bukti-bukti ilmiah dari jurnal-jurnal yang ada” ungkap Dr. Rimbawa

Selain itu kurkumin juga mempunyai manfaat yang baik seperti mempromosikan bakteri-bakteri baik dan menekan bakteri-bakteri jahat dan dapat meningkatkan fungsi- fungsi dari permukaan usus agar dapat memilih senyawa yang masuk dan sesuai dengan kesehatan. Sehinggan kurkumi dari turmeric ini aman untuk dikonsumsi dengan aman sesuai dosis yang di tentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro