7 Manfaat Kunyit Putih yang Penting untuk Diketahui (freepik)
Health

Simak 7 Manfaat Kunyit Putih, Bisa Mengatasi Jerawat!

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Kunyit putih merupakan salah satu tanaman yang sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional. Manfaat kunyit putih sangat beragam.

Kunyit putih sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Bahkan, kunyit putih juga diklaim dapat digunakan sebagai penawar racun gigitan ular berbisa. Kunyit putih termasuk tanaman yang banyak tumbuh di negara Asia. Di Indonesia kunyit putih bisa ditemukan dengan sangat mudah

Kandungan Kunyit Putih

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan manfaat dari kunyit putih, perlu diketahui juga kandungan yang ada didalam kunyit putih.

Kandungan yang ada di dalam kunyit putih diantaranya; kurkuminoid, tanin, flavonoid, saponin, dan terpenoid sebagai antioksidan. Selain itu, kunyit putih juga memiliki kandungan zerumbone. 

Lalu, apa sajakah manfaat dari kunyit yang harus diketahui? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi tersebut, manfaat dari kunyit putih menjadi sangat beragam. Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa khasiat kunyit putih yang baik untuk kesehatan. 

1. Menurunkan risiko penyakit tumor dan kanker

Khasiat kunyit putih yang pertama yaitu bisa menurunkan risiko penyakit tumor dan penyakit kanker. Manfaat kunyit putih untuk kanker ini dikarenakan kunyit putih mengandung senyawa zerumbone.

Senyawa tersebut memberikan efek anti kanker, sehingga bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker. Contohnya kanker payudara, kanker ovarium, maupun penyakit leukimia. 

Kunyit putih ini juga berperan sebagai antitumor karena memiliki zat polisakarida yang mampu menghambat pertumbuhan tumor serta sarkoma jaringan lunak. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian yang lebih lanjut untuk mengembangkan kedua potensi yang dimiliki oleh kunyit putih tersebut.

2. Mencegah gigitan nyamuk

Manfaat selanjutnya dari kunyit putih yaitu dapat mencegah gigitan nyamuk. Kunyit putih ini memiliki kandungan yang bisa membasmi nyamuk secara alami. 

Oleh karena itu, kunyit putih dapat dimanfaatkan untuk mencegah gigitan nyamuk. Terutama untuk nyamuk penyebab demam berdarah yaitu Aedes aegypti. 

3. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat kunyit putih selanjutnya yaitu bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Pada penderita kolesterol tinggi, disarankan untuk mengonsumsi kunyit putih ini karena bisa digunakan sebagai alternatif obat herbal.

4. Membantu menyehatkan prostat

Kunyit putih juga dipercaya dapat membantu menyehatkan prostat. Manfaat kunyit putih untuk pria yaitu dapat membantu mengurangi gejala prostat akibat adanya pertambahan usia pada pria. Kunyit ini juga dapat membantu mengurangi nyeri panggul..

5. Mengurangi nyeri dan peradangan pada lambung

Manfaat kunyit putih untuk lambung bisa membantu untuk mengatasi peradangan dan mengurangi nyeri pada lambung. Peradangan atau inflamasi merupakan salah satu masalah yang sering muncul pada lambung. 

Kunyit dapat bersifat sebagai anti inflamasi dan juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat dari inflamasi tersebut. Bagi Anda yang merasakan nyeri pada lambung tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kunyit putih dan merasakan manfaat minum kunyit putih untuk lambung. 

6. Mengatasi masalah kewanitaan

Salah satu manfaat kunyit putih untuk wanita yaitu dapat membantu mengatasi masalah kewanitaan. Kunyit putih mengandung kurkumin yang dapat membantu mengatasi masalah kewanitaan seperti keputihan dan bau tak sedap.

7. Membantu mengatasi jerawat

Manfaat kunyit putih untuk wajah yaitu dapat mengatasi masalah jerawat. Kunyit putih mengandung antiseptik dapat berperan untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah karena memiliki antibakteri.

Itulah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan baik pada pria maupun wanita. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kunyit putih tidak boleh berlebih agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro