Ilustrasi kolesterol/istimewa
Health

Penting! 5 Hal yang Bikin Kadar Kolesterol Jahat Naik

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 1 Maret 2023 - 18:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbeda dengan apa yang diyakini kebanyakan orang, kolesterol tidak sepenuhnya buruk.

Kolesterol adalah zat yang diperlukan untuk membangun sel-sel sehat di dalam tubuh. Ada dua jenis kolesterol. Kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan kolesterol HDL (high-density lipoprotein).

LDL atau kolesterol "jahat" membentuk sebagian besar kolesterol tubuh Anda, sedangkan HDL atau kolesterol "baik" menyerap kolesterol dalam darah dan membawanya kembali ke hati.

Sementara kadar kolesterol LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, kolesterol HDL dapat menurunkan risiko yang sama.

Yang mengatakan, penting Anda menjaga kadar kolesterol LDL Anda tetap terkendali.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.

1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan trans

Kolesterol tinggi terjadi ketika ada terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), hal itu terutama disebabkan oleh makan makanan berlemak, kurang berolahraga, kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol. Diet tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan/atau gula rafinasi dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL secara signifikan, sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Obat-obatan tertentu

Ada obat-obatan tertentu yang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL Anda. Ini termasuk obat-obatan seperti diuretik thiazide, estrogen dan progesteron, antipsikotik atipikal, beta-blocker, dan obat-obatan HIV tertentu, seperti yang dilaporkan oleh VeryWell Health.

3. Kebiasaan tidak sehat 

Anda harus membatasi kebiasaan tidak sehat tertentu. Sesuai CDC, seseorang harus berhenti merokok, menghindari konsumsi alkohol, meningkatkan aktivitas fisik secara teratur, dan juga menjaga berat badan yang sehat. Kegagalan untuk mengikutinya dapat menempatkan seseorang pada risiko peningkatan kadar kolesterol yang tidak sehat.

4. Kondisi medis

Terlepas dari faktor gaya hidup seperti merokok, pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga, kondisi yang mendasari seperti tekanan darah tinggi atau diabetes juga dapat menyebabkan kadar kolesterol darah tinggi. Kondisi medis lain yang dapat menambah komplikasi termasuk obesitas, penyakit ginjal, dan hipotiroidisme.

5. Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi

Menurut CDC, kolesterol tinggi dapat diturunkan dalam keluarga. "Beberapa orang memiliki kondisi genetik bawaan yang disebut FH. Kondisi ini menyebabkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL, atau "buruk") yang sangat tinggi dimulai pada usia muda yang, jika tidak ditangani, terus memburuk seiring bertambahnya usia.

Langkah selanjutnya adalah berbicara dengan dokter Anda dan melakukan tes rutin untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro