smartCARD, alat untuk mengecek kolesterol melalui handphone di rumah/futurity.org
Health

10 Alasan Kolesterol Anda Sulit Turun

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Februari 2023 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi adalah ketika kadar kolesterol dalam darah lebih dari 200 mg/dL, khususnya LDL atau komponen lipoprotein densitas rendah dari kolesterol meskipun komponen lain seperti HDL dan trigliserida tidak boleh diabaikan.

Kolesterol tinggi memperlambat aliran darah dan karenanya menimbulkan risiko terhadap fungsi jantung

Seseorang dapat mendeteksi jumlah kolesterol hanya melalui tes darah.

Statin dianggap sebagai obat terbaik untuk kolesterol tinggi. Dokter meresepkan obat ini untuk orang yang memiliki kondisi kolesterol tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Orang-orang dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk memiliki gaya hidup sehat. Namun, dalam beberapa kasus meskipun menjalani gaya hidup yang baik, kadar kolesterol yang meningkat tidak turun.

Berikut adalah 10 alasan, yang mungkin bisa menjadi jawaban atas kadar kolesterol Anda yang membandel.

1. Diet Anda mungkin mengandung lemak tersembunyi

Diet sehat adalah salah satu poin kunci dalam rencana manajemen kolesterol. Diet tanpa lemak dianggap sebagai diet sehat.

Pengetahuan kita tentang kolesterol dan diet sehat adalah bahwa seseorang harus benar-benar berhenti mengonsumsi lemak untuk menurunkan kadar kolesterol. Namun, ilmu kedokteran mengatakan lemak tak jenuh atau lemak cair adalah lemak baik sedangkan lemak jenuh tidak.

Lalu ada lemak trans yang kebanyakan dari kita tidak memperhatikan. Lemak trans adalah lemak olahan yang digunakan di setiap makanan saat ini. Lemak tersembunyi ini tidak sehat dan harus dihindari sama sekali.

2. Rencana diet Anda tidak cukup mendukung

Meskipun Anda mungkin menjalani pola makan yang sehat, komposisi makanan Anda mungkin tidak cukup untuk menangkal kolesterol.

Misalnya, para ahli percaya bahwa diet penurunan berat badan yang populer dan trendi seperti diet keto tidak boleh diikuti oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Untuk merencanakan diet yang baik, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli gizi dan memberi tahu mereka tentang kondisi medis Anda.

3. Rencana manajemen kolesterol Anda tidak sehat

Anda mungkin berasumsi bahwa dengan sayuran organik dan tanpa lemak, Anda siap melawan kolesterol.

Faktanya adalah manajemen kolesterol adalah rencana yang sehat. Anda perlu menjaga pola makan, Anda perlu menjaga tubuh tetap aktif dan Anda perlu berhati-hati dengan obat-obatan.

Kerusakan apa pun dalam rencana ini tidak akan membantu Anda dalam mengendalikan kolesterol.

4. Secara fisik tidak terlalu aktif

Meskipun Anda mungkin senang bahwa Anda berjalan selama 30 menit dan itu saja untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali, faktanya adalah setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk aktif secara fisik.

Aktivitas fisik yang tidak memadai adalah penyebab beberapa penyakit yang mengancam jiwa.

5.  Obat Anda yang lain mengganggu statin Anda

Obat-obatan seperti steroid dan retinoid meningkatkan kadar kolesterol. Orang dengan kolesterol tinggi yang sudah mengonsumsi obat lain cenderung tidak mendapatkan manfaat yang dibutuhkan dari statin.

Karenanya penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang hal itu dan mungkin mencari pengobatan alternatif untuk kondisi lain.

6. Alkohol

Konsumsi alkohol berdampak langsung pada kadar kolesterol.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan tidak akan membantu Anda bahkan ketika Anda minum obat secara teratur.

The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari dua minuman sehari.

7.  Anda tidak meminum obat dengan dosis yang tepat

Alasan utama lainnya mengapa kolesterol tidak pernah turun pada beberapa individu adalah karena mereka tidak mengonsumsi statin dengan dosis yang tepat.

Seseorang harus secara teratur memeriksa kadar kolesterol darah dan berkonsultasi dengan dokter dengan laporan tersebut. Sesuai tingkat kolesterol, dokter mungkin mengubah dosis statin setelah jangka waktu tertentu.

8. Kebiasaan gaya hidup Anda sepenuhnya terfokus pada pengelolaan kolesterol

Mengurangi kolesterol bukanlah pekerjaan satu hari. Seseorang perlu mempertahankan gaya hidup sehat selamanya untuk menjaga agar kolesterol tetap terkendali.

Banyak orang memiliki pengetahuan acak tentang kolesterol dan berusaha menurunkannya dengan cepat, karena itu mereka menekankan diri mereka sendiri melalui berbagai bentuk diet dan latihan keras.

Orang perlu memahami bahwa manajemen kolesterol harus menjadi proses yang lambat dan mantap.

9. Anda berpikir bahwa hanya obat-obatan yang akan membantu Anda

Mengulanginya lagi, manajemen kolesterol adalah rencana yang lebih besar dari yang Anda pikirkan. Ini mengharuskan individu untuk mengadopsi gaya hidup sehat, berolahraga dan minum obat penurun kolesterol secara teratur.

Hanya mengandalkan obat-obatan tidak akan membantu Anda menurunkan kolesterol jika pola makan dan faktor lainnya tetap sama.

10. Anda terlalu menekankan diri sendiri

Kita semua tahu bahwa kolesterol tidak baik untuk kesehatan. Tetapi kolesterol yang tidak terkelola menyumbang sebagian besar kasus yang mengancam jiwa.

Berada di sisi yang lebih tinggi dari kisaran kolesterol tidak membuat Anda langsung berisiko. Jadi jangan memaksakan diri untuk menurunkannya dalam semalam.

Jaga pikiran Anda tetap tenang dan lakukan gaya hidup yang baik. Fokus pada kesehatan yang baik secara keseluruhan daripada hanya kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro