Ilustrasi lansia
Health

Rambut Beruban di Usia Muda, Ini Cara Mencegahnya

Kathleen Dewitri
Selasa, 14 Maret 2023 - 11:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama ini, banyak orang yang menggap uban atau rambut putih sebagai salah satu tanda penuaan.

Namun, ternyata uban juga juga dapat muncul pada orang-orang berusia muda. Seperti usia 20-an atau bahkan belasan tahun.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya uban di usia dini. Tindakan-tindakan tersebut didukung oleh banyak ahli untuk dilakukan bagi anda yang ingin menjaga rambut tetap hitam.

Simak penyebab muncul uban saat muda:

1. Pastikan anda mendapat asupan vitamin D yang cukup

Menurut sains, vitamin D merupakan kandungan yang seringkali tidak ada pada makanan. Studi yang diterbitkan dalam The International Journal of Trichology mengemukakan bahwa orang-orang yang mengalami penumbuhan uban secara dini memiliki kadar vitamin D yang rendah pada tubuhnya.

"Ada jumlah kekurangan vitamin D3 yang signifikan dan tidak mencukupi di antara kasus dibandingkan dengan kontrol."

2. Mendapatkan vitamin B12 yang cukup.

Studi yang sama dari The International Journal of Trichology menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat dikaitkan dengan munculnya uban. Oleh karena itu, seseorang perlu mendapatkan vitamin B12 yang cukup untuk tubuhnya.

3. Hindari stres yang berlebih.

Salah satu penyebab dari pertumbuhan uban secara dini adalah stres yang berlebihan.

"Stres pasti memainkan peran penting dalam mempercepat rambut beruban," kata Tim Abney, Wakil Presiden Pendidikan Global di Colorproof.

Hal tersebut terjadi secara alami. Jenis sel induk yang disebut melanosit tonjolan memiliki peran besar pada rambut individu untuk menghasilkan pigmen. Seiring berjalannya waktu, tersebut akan menghilang.

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat melumpuhkan sel dalam memproduksi pigmen tersebut, sehingga akan lebih mudah bagi orang yang stres untuk memiliki uban.

4. Jangan Merokok

Tidak sedikit penelitian yang mengatakan bahwa merokok berkaitan dengan penumbuhan uban lebih awal.

“Penelitian membuktikan bahwa hubungan antara merokok dan rambut bukan pasangan yang cocok. Merokok dapat menciptakan atau mengaktifkan respons stres seperti respons lawan-atau-lari kita yang dapat mempercepat proses penuaan,” kata Abney.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk menghindari rokok. Selain untuk kesehatan rambut, ini juga berkaitan dengan kesehatan secara umum.

5. Membuat jadwal pemeriksaan tahunan

Hal ini penting untuk dilakukan karena beberapa penyakit seperti gangguan autoimun dan tiroid merupakan salah satu penyebab munculnya uban secara prematur.

Maka dari itu, sangat disarankan apabila anda memiliki masalah pada aspek kecantikan atau kesehatan rambut untuk segera melakukan konsultasi dengan pihak medis.

6. Hindari paparan berbahaya

Polusi dan paparan berbahaya dari lingkungan sekitar juga menjadi penyebab yang nantinya dapat memunculkan uban secara prematur. Pentingnya, agar anda tetap menjaga lingkungan hidup yang sehat dan jangan lupa untuk menghirup udara segar setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro